nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Gampang Merawat Batik agar Tetap Terlihat seperti Baru!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 02 194 1958488 cara-gampang-merawat-batik-agar-tetap-terlihat-seperti-baru-m5zDRM0PFo.jpg Ilustrasi batik (Foto: Okezone)

SEBAGAI orang Indonesia, kita di rumah pasti memiliki salah satu kekayaan wastra tradisional Indonesia yakni batik. Entah itu yang masih dalam bentuk material kain atau sudah dijadikan potongan setelan busana.

Untuk soal perawatan, yang namanya batik itu memang tidak boleh sembarangan. Sayang kan jika koleksi batik di rumah jadi cepat rusak dan lapuk hanya karena kita abai tentang cara merawatnya, alias asal saja dalam mencuci dan menyimpannya.

Jika Anda masih bingung sebetulnya seperti apa cara tepat untuk mencuci dan menyimpan batik. Menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (2/10/2018) berikut paparan singkat tips merawat batik agar lebih awet.

BACA JUGA:

5 Harajuku Style Ini Pasti Bikin Anda Geleng-Geleng, Unik Banget

Dry cleaning 

Disebutkan oleh desainer terkenal, Barli Asmara ia sendiri terbiasa untuk mencuci koleksi batiknya yang terbuat dari bahan seperti viscose, dobi, dan satin, atau sutera dengan cara di dry cleaning atau bisa juga di rumah dengan menggunakan mesin cuci yang memiliki teknologi khusus untuk batik.

Meski menggunakan mesin cuci, namun Barli menyarankan agar batik dengan warna dan motif tertentu bisa direndam di air hangat atau air dingin dulu agar bisa melihat seberapa besar kadar lunturnya, sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Disebutkan, mencuci batik sutera dengan dry clean itu bisa menjaga ketahanan, warna dan tekstur kainnya bertahan lama.

Cuci dengan tangan (handwash) 

Lain lagi dengan salah satu desainer senior Indonesia, Obin. Untuk mencuci batik ia menyarankan cara yang sederhana. Yakni dengan cara langsung dicuci dengan menggunakan tangan alias handwash yang mana bisa ditaruh di wadah baskom. Untuk sabun cuci, cukup pakai sabun yang berformula ringan yaitu baby soap atau baby shampoo (liquid atau padat tidak masalah).

 

Cuci dengan buah Lerak

Jika ingin warna coklat yang sudah pudar, kembali mencuat. Saran dari Obin, batik bisa dicuci memakai buah Lerak cara khas Jawa Tengah. Lerak yang mana sebagai buah jika direndam di air panas akan mengeluarkan warna cokelat yang sangat cantik, nah cara ini suka dipakai di Jawa Tengah untuk kain Batik Sogan. Sehingga warna cokelat yang sudah pudar di kain akan kembali terlihat lebih segar, tetap ingat metode ini jangan dipukul rata untuk semua Batik.

BACA JUGA:

 Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

Tidak dijemur langsung

Tidak dijemur langsung di sini maksudnya ialah jangan pernah menjemur atau mengeringkan batik di bawah sinar matahari langsung (hot sun). Mengapa? Karena cara ini bisa menyebabkan batik lama-kelamaan bisa menjadi belel dan pudar warnanya. Untuk mengeringkan batik, cukup diangin-anginkan saja.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini