nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Desainer Indonesia Ini Bawa Batik ke Level Internasional!

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 02 194 1958570 7-desainer-indonesia-ini-bawa-batik-ke-level-internasional-WP5sLndcpA.jpg Fashion Show Batik (Dok: Okezone)

BATIK merupakan kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita harus bangga dengan hadirnya batik sebagai salah satu budaya.

Sejak tahun 2009 batik telah didaftarkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Oleh karena itu, Indonesia menetapkan tanggal 2 oktober menjadi Hari Batik Nasional.

Memiliki nilai seni yang tinggi, batik mempunyai beragam corak dari berbagai daerah di Indonesia. Keindahannya bukan hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di dunia. Melalui tangan para desainer Indonesia, batik menjadi lebih dikenal secara luas.

Baca juga: Tolak Kemo, Mantan Model Playboy Ini Pilih Terapi Ekstrak Ganja untuk Obati Kanker Otak

Nah, melansir dari berbagai sumber, Jakarta, Selasa (2/10/2018), 7 desainer terkemuka di Indonesia ini tidak hanya memperkenalkan batik di dalam negeri, tetapi juga membawa kekancah Internasional.

 Batik Tulis (Shutterstock)

1. Iwan Tirta

Iwan Tirta merupakan seorang desainer Indonesia yang dikenal melalui rancangan busananya dengan menggunakan unsur batik. Desainer asal Jawa Tengah ini telah banyak mendapatkan penghargaan atas usahanya melestarikan budaya Indonesia. Batik rancangan Iwan banyak digunakan oleh para petinggi dunia, salah satunya adalah Nelson Mandela. Nelson Mandela sering terlihat menggunakan batik pada acara formal. Batik yang dikenakan adalah rancangan desainer Indonesia, Iwan Tirta.

2. Ghea Panggabean

Desainer yang memiliki nama lengkap Ghea Sukasah Panggabean ini lahir di Rotterdam, Belanda. Sejak kecil Ghea memang hobi menggambar hingga akhirnya ia menjadi salah satu desainer muda Indonesia. Dalam setiap peragaan busana, Ghea sering menggunakan motif kain tradisional khas Indonesia. Ghea memilih motif jumputan dari Palembang dan Jawa. Kecintaannya terhadap Indonesia telah membawanya menjadi seorang desainer ternama di Tanah Air.

 Baca juga: Berkunjung ke Jawa Timur, Intip Lahapnya Tamara Bleszynski Makan di Pinggir Jalan

3. Carmanita

Kecintaannya dengan batik telah digelutinya sejak tahun 1982 yang berawal dari keseharian keluarganya. Bukan hanya menjadikan batik sebagai busana, Carmanita membuatnya agar dapat lebih dinikmati dan dicintai. Ia memilih untuk menciptakan batik secara universal dan modern tanpa meninggalkan ciri khas dari kain aslinya. Salah satu karyanya yang melegenda adalah rancangan motif batik pada mobil Mercedes-Benz C 250 Avant Garde pada 2010 lalu.

 Batik (Shutterstock)

4. Ramli

Desainer kelahiran 1 November 1954 ini mulai merancang batik Indonesia pada busananya dengan membuat jaket batik resleting, balero batik, dan gaun pesta. Ramli merupakan desainer Indonesia yang bisa dibilang cukup berani, karena di saat kain batik kebanyakan dipakai untuk kebaya, Ramli justru memberikan sentuhan modern pada rancangan batiknya. Mulai dari pakaian kasual, busana kantor, tunik hingga gamis.

 Baca juga: Ketahui Lebih Dekat, 6 Jenis Batik Jawa Beserta Maknanya

5. Denny Irawan

 

Denny Irawan, salah satu dari banyaknya desainer Indonesia yang telah mengangkat citra batik di mata dunia. Ia sering menggunakan kain Indonesia sebagai rancangan busananya. Pada pagelaran fesyen New York Fasion Week, Deddy Irawan merancang busana batik Indonesia yaitu batik kudus yang hadir dengan tampilan anggun dan mewah.

6. Poppy Irawan

Desainer sekaligus model ini memang cukup sering muncul di layar kaca. Sudah tak asing lagi jika mendengar namanya. Poppy Irawan merupakan perancang busana yang lahir di Garut, 8 Juli 1951. Sebagai desainer, Poppy berusana untuk mendobrak persepsi masyarakat mengenai batik yang dianggap sebagai sesuatu yang kaku dan tidak stylish. Poppy telah mengubah persepsi masyarakat mengenai batik dengan busana rancangannya yang elegan dan modern, namun tidak menghilangkan sisi budaya batik itu sendiri.

Batik

 Baca juga: 5 Busana Batik yang Cocok untuk Dikenakan di Kantor

7. Chossy Latu

Kesuksesan Chossy dalam merancang busana batik Indonesia tidak perlu di ragukan lagi. Pada pagelaran fesyen di New York, Amerika, Chossy menampilkan karyanya, yaitu batik ready to wear dan houte couture. Chossy pernah menjadi desainer untuk rumah batik Iwan Tirta, tidak heran kalau rancangan yang dibuatnya terkenal hingga penjuru dunia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini