nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cute! Boneka 'Barbie' Ikut Rayakan Hari Batik Nasional, Yuk Lihat Pakaian Mereka Lebih Dekat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 15:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 02 194 1958606 cute-boneka-barbie-ikut-rayakan-hari-batik-nasional-yuk-lihat-pakaian-mereka-lebih-dekat-9cqQU7qefk.jpeg Boneka Barbie rayakan Hari Batik Nasional (Foto: Sukardi/Okezone)

BANGSA Indonesia sedang merayakan Hari Batik Nasional. Tak heran, jika hari ini banyak masyarakat yang mengenakan batik sebagai apresiasi kecintaan mereka akan karya anak bangsa ini.

Tapi, ternyata tidak hanya manusia yang di hari ini sedang merayakan Hari Batik Nasional. Ya, Barbie pun ikut merayakan hari yang istimewa ini. Seperti dilihat dari koleksi spesial Barbie X Iwan Tirta yang mana pada koleksi ini, Barbie mengenakan batik yang sangat spesial.

"Ada tema khusus dari pakaian batik kedua Barbie ini, yaitu Kirana yang artinya cahaya. Kami berharap bahwa perempuan-perempuan Indonesia bisa memancarkan kecantikan dari dalam dirinya dan yang terpenting bisa menunjukan kalau perempuan Indonesia cantik dengan batiknya," terang Creative Director Iwan Tirta Era Soekamto, saat diwawancarai Okezone di Butik Iwan Tirta Plaza Indonesia Jakarta, Selasa (2/10/2018).

barbie batik

Era melanjutkan, jika dilihat ada dua gaya berbeda pakaian yang dikenakan Barbie di Hari Batik Nasional ini. Pakaian pertama bertema casual bergaya leasure dan yang satunya adalah gaun formal. Dari setiap pakaian itu, ada cerita tersendiri terkait motif yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

Jadi, sambung Era, untuk pakaian bergaya leasure, motif batik yang dipakai adalah "Kawung Manis". Terkait dengan detail busana, Anda bisa melihat Barbie mengenakan dua potong kain, yaitu atasan putih tanpa lengan dan rok batik dengan bukaan di bagian depannya.

Tidak hanya itu, pada look ini, Barbie tampil semakin cantik dengan tambahan aksesori seperti kacamata, kalung, topi pantai, tas, dan sepasang sepatu.

"Motif Kawung Manis punya makna tersendiri, yaitu melambangkan harapan untuk selalu bijaksana, mengingat asal usul, dan rendah hati. Jadi, ketika dikenakan di Barbie para perempuan bisa menjadi sosok yang lebih baik dan berdaya dengan kemampuan yang dimiliki," ujar Era.

batik

Sementara itu, untuk busana yang satu lagi, Barbie mengenakan busana yang lebih formal. Yaitu gaun A-line tanpa tali berwarna cokelat tua dan di atas bahan busana, terlihat motif batik "Sawunggaling Latar Kopi Pecah".

Baca Juga: 5 Harajuku Style Ini Pasti Bikin Anda Geleng-Geleng, Unik Banget

Untuk tampilan yang lebih cantik, Barbie dilengkapi dengan sepasang anting, kalung, clutch, dan sepatu.

barbie batik

Nah, bicara mengenai makna dari motif batik "Sawunggaling Latar Kopi Pecah", Era menjelaskan bahwa motif ini lebih memperlihatkan perempuan yang kuat. "Motif ini melambangkan harapan bahwa seorang perempuan harus adil dalam menjaga keseimbangan, kuat, dan baik hati," paparnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan masyarakat Indonesia tidak hanya melihat batik sebagai sesuatu yang cantik saat dikenakan, tapi lebih dari itu. "Kami berharap bahwa masyarakat Indonesia lebih memahami batik sebagai sejarah bangsa dan tentunya menjadi kebanggaan semua masyarakat saat dikenakan," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini