nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kebiasaan di Dapur yang Bikin Bakteri Salmonella pada Daging Ayam Menyebar

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 298 1958610 5-kebiasaan-di-dapur-yang-bikin-bakteri-salmonella-pada-daging-ayam-menyebar-2tp0mgRl2l.jpg Daging ayam (Foto: Australian Institute Food Safety)

SIAPA yang tidak suka dengan daging ayam? Para ibu rumah tangga biasanya memilih ayam untuk menu makanan di rumah karena murah dan akan mendapat potongan yang banyak apabila membelinya di pasar-pasar tradisional.

Penting pula bagi Anda untuk mempersiapkan daging ayam ini dengan baik. Karena, ayam mentah dapat berbahaya bagi Anda jika tidak disiapkan dengan baik.

Mungkin, seringkali Anda mendapatkan ayam yang masih terdapat darah. Padahal Anda sudah yakin bahwa telah membersihkan dan menyiapkan daging ayam tersebut dengan benar.

Agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam menyiapkan daging ayam, berikut beberapa tips agar Anda bisa menyiapkannya dengan benar, seperti yang telah dilansir Okezone dari ReadersDigest, Selasa (2/10/2018).

BACA JUGA:

 Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

Meninggalkan ayam terlalu lama

Mungkin Anda sering meninggalkan ayam untuk beberapa saat setelah dikeluarkan dari lemari es. Namun perlu Anda ingat, pada suhu ruangan, daging ayam bisa mulai mengembangkan bakteri berbahaya yang jika dikonsumsi maka dapat mengakibatkan berbagai penyakit alias keracunan makanan.

Yang harus Anda lakukan adalah tempatkan ayam di lemari es segera setelah Anda usai berbelanja. Ambil ayam tersebut ketika Anda ingin memasaknya. Jika ayam tersebut Anda letakkan dalam lemari pembeku, cairkan dalam kulkas hingga dua hari sebelum dimasak dan jangan membiarkannya di luar.

Membilas ayam sebelum dimasak

Bertentangan dengan pendapat umum, sebenarnya ayam mentah tidak harus bahkan tidak boleh dibilas dengan cara apapun. Pembilasan dapat menyebabkan bakteri pada ayam terciprat dan melekat pada permukaan lain di sekitarnya.

Yang harus Anda lakukan adalah langsung saja goreng ayam tersebut dan jangan mencucinya. Atau masukkan kedalam oven. Karena ketika dimasak pun, bakteri pada ayam tersebut akan mati, sehingga Anda tidak perlu sama sekali untuk mencucinya.

 

Menggunakan lagi alat yang telah digunakan untuk ayam mentah

Jika Anda memasak daging ayam, Anda mungkin saja untuk terkontaminasi dengan bakteri salmonella. Hindarilah penggunaan peralatan-peralatan memasak seperti talenan, dan apapun yang telah terpapar dengan daging ayam mentah. Gunakan peralatan tersebut secara khusus untuk ayam mentah, dan jangan gunakan peralatan tersebut untuk hal lain karena bisa jadi, peralatan itu terdapat bakteri salmonella.

Membiarkan ayam mentah menyentuh makanan lain

Anda mungkin memiliki kebiasaan untuk memotong ayam di talenan yang terdapat irisan-irisan bahan-bahan lainnya. Hal tersebut sebenarnya dapat mencemari makanan-makanan lainnya yang terpapar dengan ayam mentah tersebut. Jadi sebaiknya, hindari menempatkan ayam mentah di dekat bahan-bahan lainnya agar bakteri yang terdapat pada ayam mentah tersebut tidak menempel dengan bahan masakan lainnya.

BACA JUGA:

 5 Harajuku Style Ini Pasti Bikin Anda Geleng-Geleng, Unik Banget

Mempertahankan spons yang sama selama berbulan-bulan

Anda mungkin telah berhati-hati dalam mencuci peralatan masak Anda setelah digunakan untuk memasak ayam. Namun, apakah Anda telah memikirkan spons yang Anda gunakan untuk membersihkan alat-alat tersebut? Spons tersebut akan sangat berbahaya apabila telah terpapar dengan alat masak yang digunakan untuk meletakkan ayam mentah. Karena bakterinya dapat menempel di spons tersebut dan berpindah ke alat lain yang Anda cuci menggunakan spons tersebut.

Yang harus Anda lakukan adalah bersihkan spons Anda setiap 2 hari sekali dan cuci handuk piring Anda secara teratur. Jangan lupa untuk mengganti spons selama 2 atau 3 minggu dan jangan menunggu sampai spons tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

(dno)

Berita Terkait

Ayam mentah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini