Museum Seni Rupa San Fransisco Buat Pameran Busana Muslim Kontemporer, Seperti Apa Ya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 03 194 1959372 museum-seni-rupa-san-fransisco-buat-pameran-busana-muslim-kontemporer-seperti-apa-ya-ljBQj8NcQd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JARANG sekali ada museum yang mau memamerkan aneka busana Muslim wanita kontemporer. Nah, di Museum Seni Rupa San Fransisco, ada diorama yang khusus memajang koleksi busana syar'i dengan mode kekinian. Menarik banget nih!

Mungkin selama ini aneka koleksi busana Muslim itu sekedar dipamerkan lewat perhelatan fashion show kelas dunia. Biar tidak bosan, ternyata pengelola museum di Amerika Serikat itu memajang koleksi anti-mainstream yang menunjukkan citra busana wanita Islam yang berani.

Mantan Direktur dan CEO dari Museum Seni Rupa San Fransisco Max Hollein, sengaja menyiapkan ruang pamer khusus busana Muslim kekinian itu. Menurut dia, fesyen wanita Muslim di dunia citranya harus diangkat karena positif.

Baca Juga: Ketika Gal Gadot hingga Nicki Minaj Berhijab, Adam Levine Berpeci dan Snoopdogg Pakai Baju Koko

Dia pun menggandeng profesor dan penulis buku seputar busana muslim "Contemporary Style Cultures" untuk menjadi kurator konsultan pameran Fashions Muslim Kontemporer Reina Lewis, sekaligus mengajak Jill D’Alessandro. Dengan adanya pameran seperti ini, industri fesyen wanita Muslim bisa maju pesat nantinya.

"Umat Muslim secara global mendominasi sekali. Terlebih soal fesyen, sangat mudah tumbuh lebih cepat dari sektor lainnya. Juga mode sederhananya bisa naik daun," ujar Lewis, dilansir Okezone dari Elle.

Pameran tersebut menampilkan karya busana para desainer dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Turki, Indonesia, dan Malaysia. Semua negara tersebut memang dianggap memiliki mode sederhana fesyen Muslim yang luar biasa.

Dalam diorama museum tersebut, tampak berjejer patung wanita yang mengenakan banyak koleksi busana bernuansa menutup aurat itu. Totalnya ada lebih dari 80 ansambel yang berbeda, seperti burkinis, gaun pesta, hingga pakaian olahraga, yang diciptakan oleh desainer mapan dari seluruh dunia.

Baca Juga: Tampilan Mana yang Paling Jago Membohongi Publik, Ratna Sarumpaet atau Young Lex?

Menariknya, patung-patung tersebut mengenakan jumpsuit lengkap dengan turban, kemudian dress warna salem dengan hijab menutupi kepalanya. Ada juga koleksi busana syar'i yang menawan.

“Ada banyak cara yang berbeda budaya Muslim dan leluhur menafsirkan agama mereka. Jadi ada perbedaan dalam komunitas Muslim global dan ada perbedaan gaya, khususnya pada wanita Timur Tengah," kata D'Alessandro.

Penampilan wanita-wanita Timur Tengah, menurut D'Alessandro, telah menjadi klien rumah couture selama beberapa generasi. Baik itu Dior atau Oscar De La Renta, yang ikut berpartisipasi.

Selain itu, pameran ini juga menampilkan karya busana desainer barat yang terinspirasi oleh budaya Muslim, seperti YSL, yang sering mengambil inspirasi dari Marrakesh. Desain perancang Lisa-Vogl's Verona Collection dari Muslim-Amerika Serikat juga terlibat dalam pameran.

Kalau penasaran, pengunjung bisa datang langsung ke museum tersebut. Jam bukanya mulai 10.00-17.00 waktu setempat dari Selasa-Minggu. Khusus hari Senin, museumnya tidak buka ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini