nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Mesti Dilakukan Generasi Milenial agar Jadi Penerus Bangsa Berkualitas!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 17:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 03 196 1959190 ini-yang-mesti-dilakukan-generasi-milenial-agar-jadi-penerus-bangsa-berkualitas-PMkcz1Ij6t.jpg Generasi milenial bisa jadi penerus bangsa yang berkualitas (Foto:Ilustrasi/Ist)

KITA semua percaya bahwa dari anak mudalah bangsa ini akan maju. Sebab, mereka ini yang menguasai teknologi sekarang.

Tapi, kita juga tidak menutup mata bahwa masih banyak generasi milenial yang belum memiliki tujuan hidup yang jelas atau bahkan tidak ada semangat untuk menggapai mimpinya. Hal ini tentu mesti dihindari atau dicarikan solusinya agar tujuan bersama membangun bangsa yang berkualitas bisa tercapai.

Bicara mengenai anak muda atau generasi milenial, dijelaskan Praktisi sosial sekaligus CEO dan Founder Yayasan Pondok Kasih Hana Amalia Vandayani menjelaskan bahwa mereka itu sangat menyukai tantangan. Segala hal yang memiliki sifat adrenalin di dalamnya akan menjadi ketertarikan tersendiri bagi anak muda.

 Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

"Hal ini yang kadang tidak disikapi dengan bijak oleh generasi milenial. Makanya, banyak dari mereka yang kemudian melakukan pembegalan, pemerkosaan, atau tindakan kriminal lainnya yang mana di dalam aktivitas negatif tersebut terkandung unsur tantangan yang dicari anak muda," terang Hana saat diwawancarai Okezone saat Press Conference Festival Pemuda di Teater Wisma Kementerian Pemudan dan Olahraga Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Hana melanjutkan, karena ini seharusnya pihak-pihak yang mengenai sifat generasi milenial ini mewadahi karakter khas mereka tersebut. Ya, misalnya dengan mengajak mereka melakukan debat terbuka yang mana tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat lebih jauh.

Hana yang juga merupakan Dewan Pembina Festival Pemuda 2018 ini menambahkan, sudah sepatutnya anak muda memiliki keinginan kuat untuk mau berbuat sesuatu kepada bangsanya sendiri. "Kalau Anda mau tahu, bangsa di luar Indonesia sangat menyanjunh tinggi Pancasila yang dimiliki Indonesia dan sudah seharusnya anak muda mau menerapkan ideologi yang terkandung di dalamnya supaya negara ini semakib baik," ungkapnya.

Kemudian, pendapat lain juga diutarakan Wakil Sekertaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta Husny Mubarok Amin, di mana dia menjelaskan bahwa anak muda memiliki tanggung jawab untuk menciptakan bangsa yang cerdas.

 Tidak Sekedar Tagar RaisaMeetSutopo, Ada Meme Kocak "Netizen Miracle"

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memerangi hoax, radikalisme, dan aktivitas negatif lainnya yang bisa memecah belah bangsa," katanya.

Husny melanjutkan, di era globalisasi seperti sekarang ini, media sosial kemudian menjadi satu alat yang seharusnya bisa membuat bangsa Indonesia jauh lebih baik. "Kalau memang aplikadi atau informasi di media sosial itu baik untuk kemajuan bangsa, ya, tidak ada salahnya para generasi milenial memanfaatkan dan memaksimalkan hal tersebut," ujarnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini