nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tampilan Mana yang Paling Jago Membohongi Publik, Ratna Sarumpaet atau Young Lex?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 18:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 03 196 1959248 tampilan-mana-yang-paling-jago-membohongi-publik-ratna-satumpaet-atau-young-lex-ka7HRQEnC8.jpg Ratna Sarumpaet (Foto: Instagram)

RATNA Sarumpaet akhirnya mengaku bahwa dirinya menciptakan kisah palsu dalam skenario berjudul "Pengeroyokan 21 September 2018". Bahkan, dia dengan gamblang menyatakan dirinya sebagai Pencipta Hoax Terbaik!

Keterangan tersebut diutarakannya di depan pers di kediaman pribadinya. Kemudian, dari ucapan resmi Ratna itu juga akhirnya menjawab segala kegelisahan banyak orang; mengenai siapa yang memukuli aktivitas pembela HAM tersebut hingga babak belur hingga benarkah itu karena dipukuli?

Dalam penciptaan kisah hoax itu, Ratna menjelaskan bahwa dirinya dikeroyok orang tidak dikenal. Lalu, dia dibawa ke sebuah klinik kesehatan di mana dokter yang menanganinya adalah rekan dekat dia sendiri di Bandung. Setelah itu, foto wajah Ratna yang bengkak tersebut tersebar di media sosial.

(Baca Juga: 4 Orang Ini Catat Bagaimana Mereka Akan Mati, Membacanya Bikin Merinding)

Dari foto tersebut, bisa dijelaskan mata Ratna Sarumpaet bengkak, termasuk bagian bawah mata dan pada bagian pipinya pun terjadi pembengkakan. Sontak, hal ini membuat publik murka dengan apa yang telah dialami Ratna.

Tak sedikit netizen yang kemudian bersumpah untuk mencari siapa pelakunya dan tak sedikit juga netizen yang mengutarakan kalimat semacam "coba saja ibu mereka yang mengalami ini, bagaimana perasaannya?".

Namun, fakta yang sebenarnya adalah Ratna baru saja melakukan sedot lemak pipi. Hal ini juga yang kemudian membuat wajahnya bengkak dan ada sedikit bekas luka jahit di pelipis matanya. Dokter Tompi pun sangat yakin kalau Ratna bukan dikeroyok, tapi melakukan operasi plastik. Statemen Tompi ini pun ramai dibahas di media sosial.

Sementara itu, kita juga belum lupa dengan kasus Young Lex yang mana dia mengeluarkan sebuah foto wajah lebam karena dikeroyok oleh oknum tak bertanggung jawab.

Dalam kisah pengeroyokan yang dialami Young Lex, dia menjelaskan bahwa dirinya "digebukin" oleh banyak fans K-Pop yang tidak suka dengan apa yang dia lakukan sebelumnya. Ya, sebelumnya Young Lex sempat melontarkan pendapatnya yang "kotor" mengenai salah seorang penyanyi Korea Selatan.

Nah, Young Lex kemudian mencipta kisah hoax di media sosial. Dia membagikan wajahnya yang memar-memar. Mulai dari matanya yang biru, bagian hidung luka lecet, hingga ujung bibir yang masih terlihat darah menempel di sana. Tapi, akhirnya kebenaran menjawab; kabar tersebut hanya karangan!

 BACA JUGA:

Andai Ketemu Raisa, Sutopo Akan Tawari Jadi Duta BNPB dan Ajak ke Pengungsian

Semoga apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet dan Young Lex bisa jadi pembelajaran Anda semua dan kita semakin bijak menggunakan media sosial. Bagaimana menurut Anda?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini