nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Menarik soal Tubuh Anda yang Mungkin Tak Disadari

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 05:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 03 196 1959352 10-fakta-menarik-soal-tubuh-anda-yang-mungkin-tak-disadari-4jZJG79mE5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEHIDUPAN memang penuh dengan misteri, banyak hal yang unik terjadi dalam hidup ini baik disadari maupun tidak disadari. Bahkan dalam hal yang paling sederhana pun dalam hidup Anda, seseorang belum tentu mengetahuinya dengan baik.

Berbicara tentang kehidupan, maka hal yang paling sederhana adalah mengetahui banyak hal tentang tubuh Anda. Tubuh manusia menyembunyikan banyak misteri, namun semua pertanyaan ini memiliki jawaban ilmiah untuk dipecahkan.

Tentunya, misteri tersebut mengundang tanda tanya besar dalam kehidupan manusia. Nah untuk menjawab persoalan ini, Okezone akan membahasnya sebagaimana dilansir dari Bright Side.

Baca Juga: Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

1. Manusia memiliki banyak kesamaan dengan siput

Manusia dan siput memiliki banyak kemiripan yang lebih umum daripada yang Anda pikirkan DNA manusia 70% identik dengan DNA siput. Dahulu kala, semua hewan memiliki satu nenek moyang yang sama seperti tumbuhan. Semua makhluk hidup di Bumi adalah sebuah kerabat sampai batas tertentu.


2. Manusia dapat memiliki tulang rusuk ekstra

Meskipun langka satu dari 200 manusia dilahirkan dengan tulang rusuk ekstra. Profesional medis menyebut ini tulang rusuk servikal. Tulang ini terletak di atas klavikula dan hampir tidak pernah mengganggu orang tersebut.

3. ATM dan toilet umum sama kotornya

ATM sudah menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan manusia. Tetapi berapa banyak orang yang benar-benar membersihkan tangan mereka setelah menggunakannya? Uji bakteriologis yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Inggris menunjukkan bahwa ATM sama kotornya seperti toilet umum. Penyeka diambil dari keyboard ATM menunjukkan keberadaan bakteri berbahaya bagi kesehatan manusia.

4. Kuku di jari tumbuh lebih cepat daripada kuku jari kaki

Kuku di jari tumbuh lebih cepat karena mereka lebih sering bersentuhan dengan sinar matahari. Kuku terpanjang selalu berada di jari tengah. Semakin besar jari maka akan semakin panjang kukunya.

Baca Juga: 6 Meme Drama Oplas Ratna Sarumpaet, dari Jadi Valak sampai Dijejerin Lucinta Luna

5. Botox mempengaruhi emosi seseorang

Suntikan botox melumpuhkan otot-otot wajah sebagai hasilnya botox membuat kerutan itu menghilang. Namun, baru-baru ini para ilmuwan menemukan satu efek menarik dari suntikan botox. Ketidakmampuan untuk sepenuhnya merasakan emosi. Ekspresi wajah mempengaruhi keadaan emosi secara langsung.

6. Cegukan diwariskan oleh orang-orang dari nenek moyang kuno

Cegukan adalah warisan dari leluhur manusia yang hidup jauh dari 370 juta tahun lalu. Dengan bantuan mekanisme yang kita sebut cegukan, nenek moyang kita digunakan untuk melindungi paru-paru mereka dari masuknya air.

7. Serangan jantung kerap terjadi tiap Senin

Risiko serangan jantung meningkat 20% pada pria dan 15% untuk wanita pada Senin. Sepertinya ini disebabkan oleh stres yang akibat bekerja. Namun, para ilmuwan juga memperingatkan Anda bahwa alkohol yang dikonsumsi selama akhir pekan juga bisa menjadi alasan untuk terkena serangan jantung.

8. Anda bisa makan bawang putih melalui kaki

Image result for bawang putih shutterstock, okezone

Jika Anda menggosok telapak kaki Anda dengan bawang putih, Anda akan merasakan rasa dan baunya di mulut setelah 30 menit. Itu semua karena allicin - senyawa organik yang terbentuk selama penghancuran bawang putih secara mekanis.

Allicin mampu menembus selaput sel, perjalanan melalui aliran darah dan mencapai indera perasa. Itulah alasan mengapa orang yang suka makan bawang putih tidak hanya memiliki bau busuk dari mulut mereka tetapi juga dari seluruh tubuh. Pasalnya bau bawang larut dalam darah.

9. Satu Manusia bisa memberi makan 1 juta nyamuk

Tubuh manusia memiliki cukup darah untuk memberi makan pada 1,2 - 1,8 nyamuk. Semuanya tergantung pada tinggi dan berat korban serta tingkat kelaparan serangga. Satu nyamuk minum sekitar 0,003 ml darah dalam satu gigitan.

10. Orang akan lebih sering berbohong jika ingin pergi ke kamar mandi

Orang yang kebelet pergi ke kamar kecil cenderung lebih sering berbohong. Keinginan kuat untuk pergi ke kamar mandi membuat seseorang berkonsentrasi pada pengendalian diri dan karena itu, oleh karena itu berbohong menjadi pilihan untuk menjawab pertanyaan.

Selain itu, mereka berusaha menghindari gerakan ekstra. Itu sebabnya para ahli yang melakukan eksperimen ilmiah percaya bahwa orang yang berbohong jika ingin bergegas ke toilet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini