nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahan Susu Mirip Jamu Ini Dipercaya Ampuh Atasi Masalah Susah Tidur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 03 481 1959085 olahan-susu-mirip-jamu-ini-dipercaya-ampuh-atasi-masalah-susah-tidur-9KublN5faj.jpg Olahan susu mirip jamu untuk atasi susah tidur (Foto: Menshealth)

BELUM lama ini Instagram dikejutkan dengan kemunculan olahan minuman sehat yang disebut-disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Minuman yang terbuat dari campuran bumbu rempah-rempah seperti jahe, bunga-bunga yang aman dikonsumsi (edible flowers), dan sedikit percikan madu itu diberi nama "Moon Milk".

Dilihat dari tampilannya, sekilas minuman ini mirip seperti olahan jamu yang sering dijajakan mbok-mbok jamu di Indonesia. Tetapi apakah susu ini benar-benar menyehatkan? Berikut penjelasan para ahli, sebagaimana dilansir Okezone dari Men's Health, Rabu (3/10/2018).

Kandungan yang terdapat dalam moon milk dan asal usulnya

Moon milk diduga memiliki asal usul sebagai teknik pengobatan ayurvedic, sebuah sistem penyembuhan holistik yang telah berusia berabad-abad. Perlu dicatat bahwa tidak ada bukti medis yang mendukung sebagian besar prinsip Ayurvedic.

(Baca Juga: 4 Orang Ini Catat Bagaimana Mereka Akan Mati, Membacanya Bikin Merinding)

Mengapa moon milk termasuk ke dalam kategori pengobatan tersebut? Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini terdiri dari beberapa bahan Ayurvedic seperti, kunyit, ginseng India, dan beberapa tanaman yang dikatakan memiliki sifat anti radang, kata Maggie Moon, MS, RD.

"Moon milk terkadang disebut juga dengan nama masalah doodh, di mana minuman ini dibuat dari campuran almond, pistachio, kunyit, pala, lada hitam, kelopak mawar kering, dan bumbu rempah-rempah lainnya," kata Moon.

moon milk

Apakah moon milk benar-benar ampuh meningkatkan kualitas tidur?

Jawabannya adalah ya dan tidak. Sebagai permulaan, susu yang disajikan hangat mungkin akan membuat Anda seikit mengantuk. "Susu mengandung trytophan asam amino yang dapat memengaruhi seseorang untuk tidur, meskipun dalam level yang rendah," kata Moon.

(Baca Juga: Viral #RaisaMeetSutopo, Mimpi Sutopo BNPB Ketemu Raisa Segera Terwujud)

Dalam arti lain, meminum satu gelas susu hangat sebelum tidur memang dapat membantu Anda menutup mata. "Itu lebih seperti ritual mengonsumsi minuman hangat untuk membuat perasaan tenang," tambahnya.

Kendati demikian, ashwagandha dalam moon milk juga diklaim dapat memberi efek rileks pada pikiran dan tubuh. "Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak khusus ashwagandha dua kali sehari dalam dua bulan membuat orang merasa terbebas dari rasa stres dengan persentase 44%. Penurunan hormon stres kortisol pun hampir menyentuh angka 30% dibandignkan dengan orang dewasa dengan stres kronis yang tidak mengonsumsi minuman tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, curcumin atau bahan aktif yang terdapat dalam kunyit, juga membantu tubuh menurunkan peradangan sehingga dapat menciptakan rasa tenang sebelum tidur. Tidak hanya itu, moon milk juga mengandung kayu manis yang terkenal karena sifat antioksidan, dan jahe yang dikenal karena efek anti-peradangannya.

moon milk

Bahkan, terkadang tak sedikit orang yang menaburkan pistachio dan almond di atas minuman tersebut. "Dengan tambahan kacang-kacangan ini, Anda akan mendapat kalsium dan kalium yang mungkin menjadi nutrisi untuk membantu Anda tidur nyenyak," ungkap Moon.

Singkatnya, jika gagasan mengonsumsi minuman hangat dapat menenangkan tubuh sebelum tidur, mungkin dengan menambahkan ramuan kreatif dan penuh warna ini akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Tetapi jangan hanya mengandalkan moon milk. Anda harus mempratekkan pola tidur teratur dan hindari begadang.

"Lakukan ritual tidur teratur dan beri waktu cukup untuk bersantai. Tujuannya agar Anda mendapatkan istirhat yang berkualitas," tukas Moon.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini