Tips Sehat Jadi Vegetarian ala Sophie Navita

Firda Janati, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 03 481 1959305 tips-sehat-jadi-vegetarian-ala-sophie-navita-Vu0N9HwO8H.jpg Sophie Navita (Foto: Firda Janati/Okezone)

ISTILAH vegetarian dan vegan memang telah dikenal luas oleh masyarakat, terutama dikalangan anak muda. Keduanya memiliki perbedaan, vegetarian tidak mengonsumsi daging, tetapi masih mengonsumsi turunan hewan. Sementara vegan tidak mengonsumsi semua produk hewani sehingga tidak akan mengonsumsi daging, susu, telur dan semua turunan hewan.

Menjaga dan menerapkan gaya hidup sehat memang penting. Tak hanya membuat badan tetap sehat, menerapkan gaya hidup sehat dapat terhindar dari berbagai masalah penyakit. Seperti, Sophie Navita, presenter sekaligus seorang ibu ini telah menjalani hidup sehat sejak tahun 2012. Menurut Sophie semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk ikut berkontribusi terhadap bumi.

BACA JUGA:

Hoaks Pemukulan Ratna Sarumpaet, Tompi: Pasti Akan Berbeda Memar Habis Ditonjok dan Dioperasi

“Pandangan saya, semua orang dapat berkontribusi untuk planet bumi ini untuk semakin baik lagi melawan kekejaman terhadap hewan, terlepas dari apapun makanan atau gaya hidup Anda,” ucap Sophie Navita saat ditemui dalam acara Merayakan Hari Vegetarian Sedunia Bersama The Body Shop, di daerah Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 2 Oktober 2018.

 

Sebelum memutuskan untuk menjadi vegan atau vegetarian, menurut Sophie hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali alasan mengapa ingin menjadi seorang vegan atau vegetarian. Karena jika hanya mengikuti tren hal tersebut percuma untuk dilakukan. Meskipun makanan yang dikonsumsi Sophie adalah berbasis nabati, namun ia tetap memasak untuk keluarga.

“Keluarga saya bukan vegetarian. Saya masih masak kok untuk keluarga saya, saya masih harus menyicip masakannya,” katanya

Meskipun bukan lahir dari keluarga vegetarian, wanita yang telah mengikuti training di California, Amerika Serikat tahun 2012 dan telah mendapat sertifikat sebagai Raw Vegan Chef dari Living Light Culinary Institute ini ingin mengajak masyarakat untuk lebih banyak mengikutsertakan makanan yang berbasis nabati dan mengonsumsi sayur dalam pola makan.

 BACA JUGA:

Tampilan Mana yang Paling Jago Membohongi Publik, Ratna Sarumpaet atau Young Lex?

Sangat penting untuk memahami makanan yang cocok untuk tubuh dan memiliki gizi yang cukup. Sophie menuturkan apapun pola makan, yang terpenting adalah kesadaran mengenai gizi dan kebaikan dari makanan yang dikonsumsi, bukan hanya mengikuti tren semata. Semua orang memang mempunyai keputusan sendiri untuk milih makanan apa yang akan dikonsumsi, yang terpenting adalah melatih kesadaran diri sendiri untuk dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini