nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermimpi Bebas Jerawat? Kenali Dulu 8 Jenis dan Cara Mengatasinya

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 06:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 04 194 1959379 bermimpi-bebas-jerawat-kenali-dulu-8-jenis-dan-cara-mengatasinya-vuMXJR6skA.jpg Ilustrasi Jerawat. (Foto: Bailey)

SEMUA orang pasti ingin memiliki wajah yang terbebas dari jerawat. Jika tidak merawat kulit wajah dengan baik, wajah akan muncul jerawat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Mulai dari polusi, gaya hidup sampai pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan jerawat.

Nah, cara untuk menghilangkan jerawat pun berbeda bisa menggunakan bahan-bahan alami maupun resep dari dokter kulit. Namun, sebelum mengobatinya Anda harus mengetahui jenis jerawat yang sedang dialami Anda.

Sebagaimana dilansir dari Reader’sDigest, berikut jenis-jenis jerawat serta cara perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga: Momen Canggung Pangeran Harry Bertemu Mantan Kekasih saat Bersama Meghan Markle

1. Whiteheads

Whiteheads ini terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori tersumbat dengan sel-sel mati yang menyebabkan benjolan bulat putih pada kulit. Jerawat jenis ini lebih dikenal karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Anda harus menahan dorongan untuk memencetnya karena hal itu dapat menyebarkan bakteri penyebab jerawat.

Seorang dokter kulit dan kontributor Redself yaitu Joel Schlessinger, MD, cara untuk menghilangkan whiteheads adalah hanya menjaga area di sekitar jerawat terbebas dari bakteri dan kulit mati.

Biasanya whiteheads akan hilang dalam waktu satu minggu. Jika tidak kunjung hilang, Dr. Schlessinger menganjurkan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah yang mengandung salisilat dan asam glikolat.

2. Blackheads

Dr. Schlessinger menjelaskan bahwa ini mirip dengan whiteheads yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan produksi minyak berlebih karena perubahan hormon. Lapisan komedo dibiarkan terbuka dan terkena udara yang menyebabkan warnanya menjadi gelap.

Menghilangkan komedo ini harus ditangani oleh dokter kulit untuk menghindari penyebaran bakteri. Dr. Schlessinger merekomendasikan untuk menggunakan retinol. Retinoid akan membantu mendorong pergantian sel dan mencegah pori-pori tersumbat dengan sel-sel kulit mati.

3. T-zone acne

Salah satu jenis jerawat yang cenderung muncul di dahi, hidung, dagu dalam formasi bentuk-T. Biasanya jerawat ini disebabkan oleh polusi dan paling sering menghasilkan jerawat merah dan whitehead.

Dendy Engelman, MD, seorang dokter kulit di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery, whiteheads biasanya akan muncul di area t-zone. Untuk menghilangkan jerawat ini, gunakan produk pembersih yang mengandung salisilat dan benzoyl peroxide.

Baca Juga: Ini 7 Pemilik Warna Bola Mata Terindah di Dunia

4. Jerawat Pustula

Pustula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori. Jerawat prustula ini memiliki tingkat keparahan yang bervariasi.

Prustula yang lebih kecil akan berkurang secara alami dan dapat diobati dengan sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat. Jika kulit Anda rentan terkena jerawat prustula ini, cara terbaik adalah Anda melakukan perawatan rutin dari dokter kulit.

5. Jerawat kistik

Jerawat jenis ini biasanya terjadi jauh di bawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan. Jerawat jenis ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Infeksi itu masuk lebih dalam ke kulit lalu menghasilkan benjolan merah yang lebih besar dan terisi oleh cairan.

Jerawat kistik biasanya hasil dari perubahan hormon, itulah mengapa jerawat ini paling sering terjadi pada remaja. Untuk mengatasi jerawat ini, harus dikonsultasikan kepada dokter kulit agar diberikan antibiotik dan perawaran seperti salep.

6. Nodul

Seperti jerawat kistik, nodul adalah bentuk parah lain dari jerawat yang membutuhkan bantuan dokter kulit. Jerawat nodular akan terjadi selama beberapa minggu bahkan beberapa bulan jika tidak ditangani dengan tepat. Ini akan berubah menjadi merah saat meradang. Penggunaan antibiotik dan perawatan topikal dengan resep dokter kulit anda.

7. Jerawat fulminans

Jerawat ini sering terjadi pada remaja laki-laki. Ini ditandai dengan nodul yang sangat meradang dengan luka yang terbuka. Ini terjadi tak hanya pada wajah, bisa pada punggung dan dada.

Ada juga tanda lain yang terjadi yaitu demam, jumlah sel darah putih yang meningkat, nyeri sendi dan nyeri otot. Untuk menghilangkan jerawat ini membutuhkan steroid sistemik oral, isotretinoin dan obat sistemik lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini