Lakukan Bedah Kosmetik Malah Jadi Tampak Lebih Tua? Begini Tips Mencegahnya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 04 194 1959561 lakukan-bedah-kosmetik-seperti-ratna-sarumpaet-bisa-jadi-tampak-lebih-tua-begini-tips-mencegahnya-cdSupP9BRM.jpg Ilustrasi (Foto: Stile)

MASYARAKAT tengah dihebohkan oleh pengakuan Ratna Sarumpaet tentang berita hoaks yang dibuatnya. Sebelumnya ramai diberitakan bila ibu dari Atiqah Hasiholan itu dipukuli di Bandung. Terlebih ada foto yang menunjukkan wajah bengkak.

Akan tetapi, setelah ditelusuri dan Ratna melakukan konferensi media untuk membahas tentang kabar pengeroyokan yang beredar, wajah bengkak itu merupakan efek dari operasi sedot lemak pipi yang dilakukannya di sebuah klinik di Jakarta. Sedot lemak merupakan bagian dari bedah kosmetik yang tujuannya menyempurnakan penampilan pasien sesuai keinginan. Namun ada sisi negatif yang diterima seperti tampilan tanpa ekspresi, bengkak, dan bahkan menjadi terlihat lebih tua.

Untuk mencegah efek negatif itu, seorang ahli bernama Manish Shah, MD memberikan sarannya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan bedah kosmetik seperti yang dikutip Okezone dari ThirdAge, Kamis (4/10/2018) :

Jangan gunakan terlalu banyak filler

Cara terbaik sebelum melakukan filler adalah melihat foto diri ketika berusia puluhan tahun lebih muda. Dari situ dokter dapat menilai perkembangan penuaan dan simetri wajah. Bagian yang lebih tirus atau kempot lah yang harus mendapatkan filler agar tidak terjadi risiko overfilling. Terlalu banyak mengenakan filler di area yang tidak tepat dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih tua.

Baca Juga: Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?

Hati-hati dengan pipi tembam

Over-suctioning pipi melalui liposuction atau sedot lemak dapat membuat seseorang terlihat lebih tua. Kekakuan atau pipi yang bengkak juga bisa terjadi jika tidak ada transfer lemak atau suntikan pengisi yang berlebihan.

wajah tampak tua

Perhatikan bentuk alis

Apapun bentuk alis, melengkung atau tidak dapat memberikan efek terlihat lebih tua. Oleh karenanya perhatikan bentuk alis sebelum melakukan filler atau botoks.

Jangan terlalu banyak melakukan implan dagu

Terkadang ada orang yang ingin membuat bentuk dagunya lebih simetris dan lancip. Untuk mendapatkannya maka dilakukanlah implan dagu. Tapi tidak sebaiknya tergesa-gesa melakukan itu karena implan dagu dapat mengubah struktur wajah dan menghilangkan kelembutan wajah.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Hati-hati terhadap sedot lemak di leher

Mengeluarkan terlalu banyak lemak dari leher dapat menyebabkan sudut yang terlalu dalam dan tajam sehingga memberikan tampilan lebih kasar.

Tunggu hingga waktu yang tepat

Beberapa orang mendapatkan facelift padahal belum dibutuhkan. Ketika tidak perlu atau tidak dilakukan dengan benar, jaringan midface yang mendasari akan membuat pipi menjadi lebih berisi sehingga terlihat tidak wajar dan terlalu tua.

Mata hollow tidak berguna

Pengangkatan lemak di bawah mata populer pada pasien yang lebih muda. Masalahnya adalah membuang terlalu banyak lemak dapat membuat pasien terlihat lebih tua daripada segar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini