nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Mengatasi Berbagai Macam Jerawat, Hati-Hati Jangan Sampai Salah!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 04 194 1959656 begini-cara-mengatasi-berbagai-macam-jerawat-hati-hati-jangan-sampai-salah-zIgVWXbMga.jpg Jerawat (Shutterstock)

JERAWAT adalah masalah wajah yang paling umum dialami oleh setiap orang, baik wanita ataupun pria. Namun, terkadang, tidak banyak yang dapat mengatasi masalah ini dengan baik. Bahkan, ada yang mengatasinya dengan cara yang ekstrem.

Daripada menghilangkannya dengan cara yang tidak benar, berikut adalah cara-cara perawatan baik yang disarankan dokter untuk Anda tiru, seperti yang telah dirangkum Okezone dari ReadersDigest, Kamis (4/10/2018).

 Baca juga: Buat Pakaian Khusus untuk Anak Disabilitas, Brand Ini Tuai Tanggapan Positif

1. Whiteheads

Salah satu jenis jerawat yang dikenal dengan istilah whiteheads terjadi ketika lapisan kulit menutupi pori-pori tersumbat dengan sel-sel mati yang kemudian menciptakan benjolan-benjolan bulat berwarna putih pada kulit. Meskipun whiteheads juga dapat muncul karena beberapa faktor, namun yang paling umum adalah karena penumpukan minyak, sel kulit mati, dan juga perubahan hormonal.

 Jerawat Whitehead (Reader Digest)

Jangan mencoba untuk meletuskannya karena hal tersebut dapat menyebarkan bakteri penyebab jerawat dan dapat menyebabkan jaringan parut. Cara terbaik untuk mengatasi whiteheads adalah menjaga area di sekitarnya bebas dari bakteri dan sel kulit mati. Kebanyakan, whiteheads hilang dalam waktu seminggu.

2. Komedo

Mirip dengan whiteheads, komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih karena perubahan hormon pada tubuh. Perbedaannya adalah whiteheads menutupi pori-pori sedangkan komedo membiarkan pori-pori terbuka sehingga warnanya terlihat hitam.

 Komedo (Reader Digest)

Meskipun ekstraktor dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, namun sebaiknya hal ini diatasi oleh profesional perawatan kulit ataupun dokter kulit yang sudah ahli untuk menghindari penyebaran bakteri. Penggunaan retinol juga dapat membantu mendorong pergantian sel dan mencegah pori-pori tersumbat dengan sel-sel kulit mati.

 Baca juga: Wanita-Wanita Tangguh yang Melahirkan Setelah Usia 60 Tahun, Ada yang Punya Bayi Kembar 3!

3. Postula

Postula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori wajah. Meskipun tingkat keparahannya bervariasi, tergantung pada berapa banyak yang ada dan seberapa cepat ini terbentuk, postula yang lebih kecil akan berkurang secara alami dan dapat diobati dengan produk yang dijual bebas yang mengandung asam asetat

 Jerawat Postula (Reader Digest)

Jika kulit Anda rentan muncul postula, penting untuk melakukan perawatan jerawat sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Jika postula tidak hilang dan timbul dalam jumlah yang banyak, konbinasikan dengan mengkonsumsi obat antibiotik yang telah Anda konsultasikan dengan dokter.

4. Papula

Jerawat Papula (Reader Digest)

Benjolan kecil berwarna merah pada kulit ini sering muncul di wajah dan cenderung terasa menyakitkan. Untungnya, jenis jerawat yang satu ini dapat ditangani dengan obat-obatan seperti antibiotik atau perawatan topikal seperti tretinoin. Retinol juga dapat membantu Anda untuk mengatasi papula.

 Baca juga: Ratna Sarumpaet Ngaku Bohong Oplas di Hadapan Keluarga, Apakah Hubungannya Tidak Akur?

5. Jerawat kistik

Jerawat jenis ini biasanya terjadi jauh di bawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan. Jerawat kistik terjadi karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Namun, infeksi tersebut masuk lebih dalam ke kulit dan kemudian menghasilkan benjolan merah yang lebih besar yang terisi oleh cairan.

 Jerawat kistis (Reader Digest)

Jerawat kistik juga biasanya adalah hasil dari perubahan hormon. Itulah mengapa hal ini lebih sering terjadi pada remaja. Biasanya kombinasi antibiotik dan perawatan topikal dengan resep dokter dapat bekerja lebih baik untuk mengatsi jerawat ini. Isotretinoin juga dapat digunakan untuk memberantas jerawat ini jika memang sudah membandel.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini