Tanaman Beraroma Tak Sedap di Dunia, Salah Satunya Tumbuh di Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 04 196 1959477 tanaman-beraroma-tak-sedap-di-dunia-salah-satunya-tumbuh-di-indonesia-r5gNmgs4bC.jpg Rafflesia Arnoldi (Foto: Wonderlist)

TANAMAN adalah salah satu makhluk hidup yang paling mudah untuk dipelihara. Tak hanya mudah dipelihara, tanaman juga bisa menghasilkan bunga yang sedap dipandang mata. Beberapa tanaman bahkan mampu menghasilkan bunga dengan aneka warna yang menarik dan berukuran besar.

Namun, tenyata tidak semua tanaman memiliki bunga yang indah dan aroma yang wangi saat dicium. Beberapa tanaman justru mengeluarkan bau yang tidak sedap yang tentunya bisa menyebabkan Anda mual dan muntah saat berada di dekatnya.

Melansir dari Wonders List, Kamis (4/10/2018), Okezone akan membahas mengenai beberapa tanaman yang memiliki aroma menyengat yang tidak sedap.

1.Bulbophyllum Phalaenopsis

Tanaman ini menempati posisi teratas dalam daftar bunga yang menimbulkan bau busuk. Bulbophyllum Phalaenopsis berasaldari pulau New Guinea, dan masuk ke dalam kategori anggrek. Bunga ini memiliki beberapa warna seperti putih, krem, merah dan ungu.

Bunga ini memancarkan bau daging busuk agar menarik lalat yang membantu dalam penyerbukan. Tanaman ini merupakan salah satu yang terbesar di genus, dengan rentang daun sekitar 4 kaki. Meskipun bau busuknya, tapi Bulbophyllum Phalaenopsis adalah bunga yang banyak dibudidayakan.

2.Titan Arum

 

Titan Arum dikenal sebagai bunga Corpse, Titan Arum yang memiliki nama latin (Amorphophallus Titanum) berasal dari hutan hujan Sumatra, Indonesia. Tanaman ini memiliki perbungaan bercabang terbesar di dunia, bunganya berwarna merah tua. Frekuensi mekar bervariasi dari satu hingga sepuluh tahun.

3.Rafflesia Arnoldi

Rafflesia menempati daftar ketiga sebagai tanaman berbau busuk. Rafflesia bagus untuk dilihat, tetapi kurang menarik bagi indera penciuman. Seorang penduduk hutan hujan Indonesia, bunga ini beratnya sekitar 10 kg dan biasanya memiliki diameter tiga meter. Bunganya parasit, dan tidak memiliki akar, daun, atau batang. Rafflesia memberikan bau tak sedap seperti tubuh yang membusuk, dan dikategorikan ke dalam bunga bangkai.

4.Hydnora africana

Hydnora africana adalah tanaman parasit asli Afrika bagian selatan. Tidak memiliki klorofil, tanamana ini tumbuh di bawah tanah kecuali bunganya. Bunganya memancarkan bau yang menarik penyerbuk, dan menjebak mereka untuk waktu yang singkat untuk mempermudah penyerbukan. Bau busuk tersebut dihasilkan oleh Osmophores, area spons di kelopak bunga.

5.Dracunculus Vulgaris

Dracunculus Vulgaris dalam berbagai nama seperti arum hitam, voodoo lily, lily ular, lily bau dan arum naga, bunga ini berasal dari Balkan dan sebagian Turki. Tanaman ini memiliki warna yang indah, dengan campuran ungu dan merah. Bunga itu mengeluarkan bau busuk, meskipun menarik penyerbuk.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini