nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Sorotan Mata, Ini 6 Cara Mengetahui Seseorang Telah Berbohong

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 22:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 04 196 1959784 selain-sorotan-mata-ini-6-cara-mengetahui-seseorang-telah-berbohong-7cTeU2TZFI.jpg Ilustrasi ngobrol (Foto: Classroom)

KEBIASAAN berbohong memang sulit untuk dihilangkan. Beberapa orang memang memiliki alasan tersendiri untuk berbohong. Kebanyakan mereka yang berbohong disebabkan karena rasa takut jika berkata jujur.

Namun, terlalu sering berbohong dengan alasan yang tidak jelas dapat membuat Anda di cap sebagai orang yang tidak dapat dipercaya. Bahkan, efek jangka panjangnya dapat merubah kepribadian Anda. Dilansir dari Reader’sdigest, Kamis (4/10/2018), selain melihat sorotan mata, Anda juga bisa melihat gerak-gerik yang menunjukan bahwa orang itu berbohong.

 BACA JUGA:

Ingin Punya Kulit Secantik Mesty Ariotedjo, Lakukan Hal Sederhana Ini!

Melihat ekspresi wajah

Kebanyakan orang berpikir bahwa senyum dapat menyembunyikan atau menyamarkan perasaan yang sebenarnya terjadi. Anda bisa melihat raut wajahnya yang memerah di pipinya yang diakibatkan dari kecemasan saat berbohong. Selain itu, saat berbohong seseorang cenderung untuk menggigit bibirnya, mengambil napas dalam, dan kedipan mata yang cepat.

Melihat bahasa tubuh

Kejujuran seseorang bisa dilihat dari bahasa tubuhnya. Anda bisa memerhatikan wajah, tubuh, suara, dan ucapan yang keluar dari mulutnya. Orang yang berbohong cenderung sering mendorong tangan mereka kebelakang punggung.

Melihat senyumannya

Senyum terkadang bisa menutupi perasaan tapi tidak dengan kebohongan. Anda bisa memerhatikan senyum mereka terpaksa atau tidak. Senyum ikhlas bisa tergambar dari bibir dan mata.

 

Mendengar cara berbicara

Orang yang berbohong dapat didengar melalui cara bicaranya. Perubahan suara dari biasanya bisa menandakan bahwa orang tersebut sedang berbohong. Anda bisa memerhatikan cara berbicara dan tarikkan napasnya.

Melihat perilakunya

Para ahli percaya bahwa seseorang yang berbohong dapat merubah perilaku atau kebiasaannya. Anda bisa melihat gerakan tangannya, postur tubuh dan nada suara. Biasanya orang yang berbohong akan merubah kebiasan perilaku kesehariannya.

 BACA JUGA:

Rachel Goddard hingga Olla Ramlan Ikut Falling Stars Challenge, Siapa Paling Greget?

Mengalihkan pandangan

Merupakan hal yang normal jika seseorang mengalihkan pandangannya ketika diajukan pertanyaan. Tetapi, terlalu sering mengalihkan pandangan akan membuat orang lain curiga. Mengalihkan pandangan biasanya dilakukan seseorang ketika berbohong.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini