nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Kisah Karier Sutopo PNS Panutan yang Mengidolakan Raisa

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 06:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 04 196 1959823 viral-kisah-karier-sutopo-pns-panutan-yang-mengidolakan-raisa-cGJH7xJ1A2.jpg Sutopo Purwo (Foto: Okzone)

SUTOPO Purwo Nugroho menjadi salah satu orang yang namanya mencuat bersamaan dengan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Sosok yang ramah dan tidak hentinya memberikan edukasi pada masyarakat ini ternyata mengidolakan penyanyi Raisa hingga menjadi viral lewat tagar #RaisaMeetSutopo.

Bukan sekadar hebohnya tagar itu saja, karena ternyata Kepala Badan Pusat Data Informasi dan Humas BNPB tersebut tengah mengidap kanker paru stadium 4B. Namun, ia tetap berlaku ramah, melayani media, dan masyarakat dengan baik.

Setelah tagar #RaisaMeetSutopo dan akhirnya cuitan Sutopo dibalas Raisa, hingga muncul kabar keduanya akan segera bertemu. Sebelum bertemu, kini kisah lain dari sosok Sutopo kembali mencuat dan tersebar di media sosial.

Kisah perjalanan karier Sutopo yang menginspirasi banyak orang, karena sesuai dengan sosoknya kini, Sutopo adalah salah satu PNS yang bukan seperti anggapan kebanyakan orang, yang “kerjanya gitu-gitu aja”. Pasalnya, berdasar thread kicauan Maulana Ichsan yang mengaku telah melakukan riset tentang sepak terjang karier dan akademis, Sutopo merupakan sosok yang merintis kariernya dari nol.

“Setelah mengecek, Pak Topo adalah sarjana sains lulusan geografi. Saya kenal beberapa teman yang lulusan geografi, emang kalau ibarat, mereka itu bisa melukis peta sambil menutup mata,” tulis @maulanagituri, ditinjau Okezone, Jumat (5/10/2018).

Masih dalam penuturan Maulana Ichsan, dia menuliskan selama kuliah Sutopo merupakan mahasiswa yang berprestasi dan lulusan terbaik UGM Yogyakarta. Dia pun giat membuat karya-karya ilmiah dan penelitian nasional hingga menyabet dua juara.

Sepak terjangnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ia mulai lewat mengikuti CPNS dengan memilih lembaga yang sesuai dengan passionnya semasa kuliah, yaitu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan lolos. Sutopo terbilang PNS panutan, karena golongannya naik dalam jangka waktu yang cukup singkat, dia naik pangkat setiap dua tahun, lho!

“Entah karena prestasi atau kinerja, selama berkarier di BPPT, Pak Topo diberikan beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya. Dia mengerucutkan keilmuannya dan ketertarikannya, dia mulai menelaah tentang air, seperti air sungai, banjir, hujan, yang akhirnya jika berlebih menjadi bencana, nah dari sini lah mungkin interestnya tentang bencana,” imbuhnya.

Tidak cukup sampai di situ saja, ternyata Sutopo aktif dalam membuat karya ilmiah. Sebab, menurut riset kecil-kecilan yang dilakukan Maulana Ichsan, Sutopo telah menulis karya ilmiah yang sudah terpublikasi totalnya 142 buah jurnal ilmiah. Bahkan, Sutopo pun pernah dianugerahkan sebagai the best spokeperson dari berbagai lembaga nasional dan internasional.

“Sebenarnya Pak Topo ingin banget kembali ke almamaternya untuk mengajar, dari kecil juga dia bercita-cita ingin jadi guru karena berinspirasi orangtuanya yang guru SD. Sebelum 2000 dia ingin jadi dosen geografi di UGM namun gagal,” tulis Maulana.

Singkat cerita akhirnya Sutopo menjadi dosen di pascasarjana UI, IPB, dan kampus-kampus lainnya. Bercermin dari peristiwa bencana alam yang belum lama ini terjadi, sosok Sutopo pun menjadi pengajar bagi rakyat Indonesia, dia tetap memimpin konferensi pers dan melayani masyarakat dengan ramah.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini