nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngopi Pagi-Pagi Ternyata Enggak Sehat! Ini Faktanya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 20:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 04 298 1959812 ngopi-pagi-pagi-ternyata-enggak-sehat-ini-faktanya-1EyqOLVnUv.jpg Minum kopi (Foto: Fashion Trends)

BAGI sebagian orang, menyeruput secangkir kopi bukan sekedar ritual biasa. Bagi pencinta kopi, terutama para masyarakat urban sering menganggap minum kopi setiap hari itu adalah “bensin” penggerak untuk tetap semangat melakukan aktivitas rutin.

Ritual minum kopi, biasanya secangkir kopi panas banyak dilakukan orang-orang ketika di pagi hari. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya bukan?

Tahukah Anda sebetulnya di waktu kapan untuk meminum kopi yang paling tepat? Ternyata, menurut para ahli menyebutkan sebenarnya meminum kopi di pagi hari itu lebih banyak dampak buruknya, sebagaimana dilapor Dailymail, Kamis (4/10/2018).

 BACA JUGA:

Buat Pakaian Khusus untuk Anak Disabilitas, Brand Ini Tuai Tanggapan Positif

Mengapa pagi hari disebutkan sebagai waktu yang kurang baik untuk menikmati segelas kopi? Sebab, kandungan kafein dalam kopi yang membantu kita untuk tetap segar dan waspada ini dikarenakan adanya peningkatan jumlah zat kortisol, yakni hormon stres di dalam tubuh manusia.

Menurut para ahli saat diwawancara Vogue Australia, zat kortisol ini sebetulnya sudah berada di level yang tinggi atau puncaknya secara alami ketika orang tersebut bangun di pagi hari. Di mana ini artinya, meminum kopi di waktu pagi hari dapat menyebabkan efek negatif yakni menyebabkan kortisol bertambah naik dan naik.

Bagi orang-orang yang meminum kopi di rentang waktu dua jam pertama setelah bangun di pagi hari, sebenarnya malah dapat memicu tubuhnya untuk menjadi imun terhadap kafein, yang mana ini artinya waktu terbaik untuk menyeruput segelas kopi adalah waktu di mana hormon kartisol levelnya sedang sangat menurun yaitu di waktu sekitar pukul 09.30 pagi dan 11.30 siang.

Penjelasan di atas juga senada dengan anjuran ahli nutrisi, Dr Sarah Brewer yang menyebutkan bahwa waktu ideal untuk mengonsumsi makanan minuman berkafein itu adalah sekitar di pukul 10 pagi. Tapi sayangnya,mayoritas peminum kopi malah meminum gelas kopi pertamanya di hari itu terlalu awal.

“Level darah kortisol paling tinggi di antara satu setengah jam hingga dua jam setelah bangun tidur di pagi hari dan ketika kartisol sedang tinggi, itu adalah waktu terburuk untuk minum kopi karena kafein menirukan respon stres dan menyebabkan level kartisol meningkat lebih tinggi lagi,” ujar Sarah.

BACA JUGA:

Komentar Warganet atas Kebohongan Oplas Ratna Sarumpaet, Psikolog: Cuma Ungkap Kekesalannya

Dengan menghindari meminum kopi terlalu awal di pagi hari, peminum kopi bisa tetap aktif beraktivitas tanpa perlu merasa cemas atau gelisah yang mana dapat meningkat karena meminum kopi. Nah, selain tidak terlalu awal, tidak disarankan juga untuk meminum kopi terlalu larut. Pasalnya hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan susah untuk beristirahat dengan nyenyak di malam hari. Untuk sore hari, waktu minum kopi yang dianjurkan adalah dari rentang pukul 13.30 siang hingga 17.30.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini