nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Pesona Taman Bunga Cesolia di Gunungkidul

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 15:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 04 406 1959623 menikmati-pesona-taman-bunga-cesolia-di-gunungkidul-P1fXQ1KNiw.jpg Taman Bunga Cesolia di Gunung Kidul (Foto:Dimas)

PENGEMBANGAN destinasi wisata di suata daerah tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa demam media sosial yang melanda sebagian besar umat manusia di muka bumi ini, menjadi salah satu penentu tren wisata.

Akibatnya, perilaku wisatawan pun mengalami pergeresan, yang dulunya benar-benar murni ingin menikmati suasana suatu tempat yang mereka kunjungi, berubah drastis menjadi sebuah 'gengsi' untuk memamerkan momen keseruan mereka saat berlibur.

Kebiasaan inilah yang kemudian memicu para pelaku bisnis pariwisata untuk menciptakan sebuah atraksi baru, demi memenuhi permintaan pasar. Salah satunya adalah membangun spot-spot selfie yang instagrammable.

Nah, berbicara soal objek wisata berbasis "media sosial" ini, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, ternyata sedang gencar-gencarnya membangun sejumlah atraksi 'human made', di mana para wisatawan dapat mengambil foto selfie dengan latar belakang pemandangan yang cantik.

(Baca Juga: Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?)

 

(Baca Juga: 6 Meme Drama Oplas Ratna Sarumpaet, dari Jadi Valak sampai Dijejerin Lucinta Luna)

Setelah kemunculan Teras Kaca yang sempat viral beberapa waktu lalu, sekarang mulai menjamur spot-spot selfie kekinian dan instagrammable di kawasan Gunungkidul.

Belum lama ini, Okezone dan rombongan media bersama PT. Bank Central Asia Tbk (BCA), berkesempatan mengunjungi Kukup Mentari. Daya tarik tempat ini terletak pada hamparan bunga berwarna-warni, sehingga sangat ideal bagi wisatawan yang ingin mempercantik feeds instagramnya.

Kukup Mentari terletak di Padukuhan Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kebun tersebut dikelola secara pribadi oleh penduduk setempat bernama Barriyanto.

Menurut pengakuan pria yang akrab disapa Pak Barri itu, taman bunga miliknya baru beroperasi sejak akhir Juli lalu. Ide membangun taman bunga muncul setelah melihat kebiasaan wisatawan yang berlibur di Gunungkidul.

"Banyak wisatawan yang suka berburu foto-foto cantik. Ada yang datang langsung Jakarta, Bogor, dan daerah-daerah di sekitar Yogyakarta," tutur Barri saat ditemui Okezone, di Gunungkidul, belum lama ini.

Konsep taman bunganya sendiri mengadaptasi taman bunga ala Negeri Kincir Angin, Belanda. Jadi jangan heran saat wisatawan memasuki kawasan Kukup Mentari, mereka akan disambut pemandangan replika kincir angin raksasa yang diletakkan di tengah-tengah taman.

"Konsepnya memang kincir angin, tapi kalau dilihat dari atas atau difoto pakai drone, taman bunga ini menyerupai labirin mungil yang cantik," jelasnya.

"Saya mengeluarkan dana sebesar Rp30 juta untuk membuat Kukup Mentari. Biaya tersebut digunakan untuk membeli bibit Bunga Celosia, membangun replika kincir angin, dan keperluan lain," tukasnya.

Tertarik untuk megunjunginya? Tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu membeli tiket masuk senilai Rp5 ribu. Murahkan? Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda ke Gunungkidul, Yogyakarta.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini