nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Festival Pesona Lokal Promosikan Wisata dan Budaya Pontianak

Ade Putra, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 04 406 1959643 festival-pesona-lokal-promosikan-wisata-dan-budaya-pontianak-nhxPZKgsSx.JPG Konferensi pers Festival Pesona Lokal di Pontianak (Foto: Ade Putra/Okezone)

FESTIVAL Pesona Lokal, siap digelar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada 14 Oktober mendatang. Event ini diselenggarakan untuk mempromosikan kearifan lokal daerah sehingga memiliki potensi untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Rencananya, event yang digagas perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) ini, akan berlangsung di Taman Alun-alaun Kapuas, Pontianak Kota.

"Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews (MNC Media) untuk turut serta mempromosikan dan mendukung potensi serta kearifan lokal melalui pariwisata, budaya, pendidikan dan UMKM," ujar Hendarto Nugroho, Regional Collection Head Area Kalimantan Adira Finance saat menggelar konferensi pers di Pontianak, Rabu, 3 Oktober 2018.

Event ini, sambung dia, mewujudkan komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa yang tertuang pada salah satu corporate branding yang dimiliki yaitu ‘Adira Finance untuk Indonesia’. Kota Pontianak merupakan kota yang kelima dari sembilan kota perhelatan ini. Sebelumnya, festival yang merupakan salah satu bentuk atraksi yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi sebuah daerah ini sudah dihelat di Bandung, Solo, Bali dan Makassar.

“Nanti di Pontianak, waktunya bersamaan dengan perhelatan di Malang,” terang Hendarto.

 (Baca Juga: Fulan Fehan Akan Dipadati Penari di Festival Likurai Timor 2018)

Ia mengatakan, Pontianak merupakan kota yang dipilih untuk melaksanakan Festival Pesona Lokal khusus bagi seluruh masyarakat. Kenapa Pontianak? Karena kota yang dilintasi garis khatulistiwa ini banyak memiliki kearifan lokal baik pariwisata, budaya, pendidikan dan UMKM serta kulinernya.

“Makanya di Pontianak nanti kita akan mengadakan lomba kreasi makanan daerah, yakni mie tiaw. Karena makanan ini juga terkenal di Pontianak. Selain itu juga ada lomba karnaval budaya, karena kebudayaan di Pontianak beragam ya. Ada juga lomba mural, UMKM terbaik, pasar rakyat (otomotif, produk umkm, kuliner) dan panggung hiburan yang bakal dihibur oleh Trio Macan,” paparnya.

Ia menerangkan, Festival Pesona Lokal ini juga dalam rangka menyambut HUT yang ke-28. Dan, komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui berbagai program.

“Intinya Festival Pesona Lokal ini untuk mendukung kearifan lokal dari suatu daerah sehingga pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah itu sendiri,” terangnya.

 (Baca Juga:Astaga Kelakuan Netizen, Ramai-Ramai Pamer Bokong di Objek Wisata Bali)

Melalui kegiatan ini, Adira Finance ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi mendukung serta mempromosikan kearifan lokal itu. Nah, nantinya jika Pontianak dianggap sebagai kota paling mempesona, maka akan diberi penghargaan dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews.

 

“Mudah-mudahan Pontianak menjadi kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal. Penganugrahan penghargaan ini nantinya akan dilaksanakan pada program TV Indonesia Award yang akan ditayangkan di iNews,” ujarnya.

Pendaftaraan keikutsertaan di Festival Pesona Lokal Pontianak ini telah dibuka sampai dengan 13 Oktober 2018. Terdapat total hadiah senilai ratusan juta rupiah bagi para pemenang lomba pada kegiatan ini. Untuk informasi lebih lengkap, masyarakat bisa mengunjungi microsite Festival Pesona Lokal di bit.ly/festivalpesonalokal.

“Kami harap masyarakat mengetahui atau menyadari potensi dan kearifan lokal dari daerahnya serta berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” harap Hendarto.

Sejalan dengan tujuan Festival Pesona Lokal, Adira Insurance juga mendorong penerapan program keselamatan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung aksesibilitas kawasan daerah wisata yang aman, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA).

“Tentu saja untuk mendukung pariwisata Indonesia, harus ada keterlibatan dari semua pihak. Termasuk Adira Insurance yang mendukung kegiatan ini, dengan memberikan asuransi personal accident kepada para pengunjung Festival Pesona Lokal. Sehingga mereka tidak perlu merasa khawatir dan aman selama menyaksikan dan menikmati rangkaian acara kali ini," tutup Teddie Mandala Jaya selaku Representative Office Head Area Pontianak Adira Insurance.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini