Efektifkah Bersihkan Mulut dengan Obat Kumur?

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 04 481 1959503 efektifkah-bersihkan-mulut-dengan-obat-kumur-qonKeavYs9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERKUMUR adalah sebuah kegiatan rutin yang bisa dilakukan oleh manusia sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari. Sebagian orang percaya dengan berkumur, maka kebersihan mulut mereka akan tetap terjaga dan menghindari dari bau mulut akibat kuman dan bakteri.

Alhasil banyak obat kumur yang dijual bebas di pasaran dengan berbagai macam rasa dan diklaim bisa menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut. Namun, apakah obat kumur efektif untuk digunakan?

Melansir dari Boldsky, Kamis (4/10/2018), sebuah studi penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi dan memahami penggunaan obat kumur dan manfaatnya ketika digunakan oleh orang dewasa.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Ada banyak kesenjangan pengetahuan di antara orang-orang dengan banyak kesalahpahaman yang terkait dengan peran penggunaan obat kumur untuk gusi dan gigi yang sehat.

Studi menunjukkan bahwa kebersihan mulut memainkan peran kunci dalam menentukan penggunaan obat kumur. Beberapa iklan di televisi juga mencoba yang terbaik untuk membuat setiap orang percaya bahwa kebersihan mulut yang lengkap tidak dapat dicapai tanpa menggunakan obat kumur.

Obat kumur akan membantu Anda untuk membilas, tetapi ini tidak dapat menggantikan rutinitas kebersihan mulut harian Anda seperti menyikat gigi. Obat kumur sangat ideal digunakan untuk menyegarkan nafas.

Baca Juga: Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?

Beberapa obat kumur, terutama yang seperti bilasan fluoride, mampu melindungi gigi dari asam yang dihasilkan ketika dipengaruhi oleh bakteri plak. Jika Anda menghadapi masalah gusi atau infeksi jamur, beberapa dokter gigi mungkin akan meresepkan obat kumur khusus.

Beberapa obat kumur pun memberikan manfaat anti-rongga dari fluoride sementara kandungan lainnya dapat mengandung bahan pembunuh kuman yang dapat mencegah penumpukan plak pada gigi.

Sebagian besar obat kumur mengandung alkohol yang dapat menimbulkan masalah jika secara tidak sengaja tertelan. Namun, obat cuci mulut bebas alkohol juga tersedia. Obat kumur alami cocok untuk mereka yang memiliki gusi sensitif. Obat kumur alami mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya dan kamomil.

Jika Anda menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan membersihkan mulut secara lengkap serta teratur, maka pencuci mulut benar-benar tidak diperlukan. Obat kumur cenderung hanya efektif pada permukaan gigi Anda.

Jika sudah ada bakteri dan penumpukan plak maka obat kumur tidak akan melakukan apa pun untuk mengatasinya. Obat kumur hanya efektif dalam menutupi bau mulut. Tetapi jika Anda masih ingin terus menggunakan obat kumur, pilih salah satu obat yang mengandung bahan antibakteri sehingga dapat membantu membersihkan plak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini