Suka Menahan Bersin, Ini Bahaya yang Bakal Dialami Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 04 481 1959553 suka-menahan-bersin-ini-bahaya-yang-bakal-dialami-tubuh-h9jbmU00a5.jpg Bersin (Foto:9coach)

SEMUA orang pastinya pernah mengalami bersin. Terkadang bersin kerap mengganggu aktivitas yang sedang Anda kerjakan. Alhasil tak sedikit orang yang memutuskan untuk menahan bersin agar tidak merugikan orang di sekitar Anda.

Beberapa orang memang sengaja melakukan hal ini dengan alasan kesopanan. Mereka tidak ingin membuat orang yang berada di sekitarnya merasa risih dengan suara dan kuman penyakit yang keluar saat Anda bersin. Namun, apakah tindakan ini dapat menyebabkan risiko kerugian pada diri Anda?

Belum lama ini seorang pria berusia 34 tahun dilarikan ke rumah sakit karena hampir tidak bisa menelan atau berbicara, setelah mencoba untuk menahan bersinnya. Menurut sebuah laporan, pria itu mengatakan kepada para dokter bahwa setelah menahan bersinnya, dia merasakan sensasi popping dan mengalami pembengkakan di lehernya.

 BACA JUGA:

Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?

Setelah mengalami gejala tersebut, pria malang ini mulai kesulitan menelan, ditambah dengan rasa sakit yang luar biasa. Tak lama setelah itu, dia mulai kehilangan suaranya. Bahkan, dokter yang memeriksanya mengaku telah mendengar suara yang aneh, mulai dari leher hingga tulang rusuknya.

Sebagaimanya dilansir Times of India, Kamis (4/10/2018), penasaran dengan apa yang terjadi, dokter pun memilih proses scan. Sari hasil yang diperoleh, sang pasien ternyata telah merobek pharynx-nya yang mengakibatkan gelembung udara masuk ke jaringan dalam dadanya.

Ketika pasien diizinkan pulang setelah seminggu dirawat di rumah sakit, pria ini diperingatkan untuk tidak menghalangi kedua lubang hidung saat bersin.

Sebagaimana diketahui, hidung akan bereaksi atau menggelitik ketika benda asing termasuk debu, serbuk sari atau bahkan asap dari kendaraan masuk ke lubang hidung Anda. Bersin adalah cara alami bagi hidung untuk membersihkan iritasi. Bersin akan melepaskan air, lendir serta udara dari hidung dengan kekuatan luar biasa.

Kondisi cuaca yang dingin dan alergi dapat menyebabkan Anda mengalami lebih banyak bersin karena tubuh bekerja tanpa lelah untuk menghilangkan partikel asing yang mungkin telah masuk.

Oleh sebab itu Anda seharusnya tidak boleh menahan bersin. Jika Anda menahan bersin maka hal itu dapat menyebabkan banyak komplikasi serius termasuk kerusakan pendengaran. Udara yang terperangkap di dada dan tulang rusuk akan patah dan menyebabkan terjadinya bersin.

Jika tidak memiliki tisu atau sapu tangan, Anda dapat menggunakan lengan bagian atas atau siku untuk menutupi bersin. Seseorang yang telah bersin pun wajib untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

 BACA JUGA:

Viral, Rayakan Ulang Tahun Anak, Ibu Ini Tak Sengaja Bikin Kue Mirip Vagina

Menurut spesialis THT, mencoba untuk menahan bersin secara kuat dapat menyebabkan banyak komplikasi dan aneurisma otak yang mematikan. Oleh sebab itu para pakar menyarankan Anda untuk tidak menahan bersin setiap kali Anda merasakan gatal pada hidung Anda. Semuanya wajib dilakukan demi kesehatan Anda sendiri.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini