nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Baju Tentara yang Canggihnya Enggak Kalah dari Kostum Superhero

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 05 194 1960286 4-fakta-baju-tentara-yang-canggihnya-enggak-kalah-dari-kostum-superhero-nGp37fhhep.jpg Baju tentara (Foto: Armygovau)

MENJADI seorang tentara merupakan kebanggaan setiap orang. Pasalnya, seorang tentara memiliki postur tubuh yang tinggi tegap, disiplin, tegas dan berwibawa. Meski demikian, seorang tentara memiliki tanggung jawab dan tugas yang berat untuk menyelamatkan keutuhan NKRI

Berbicara mengenai tentara, Anda pasti sering melihat pakaian yang sering mereka gunakan saat bertugas. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang fakta di balik pakaian yang digunakan oleh tentara yang ternyata dilengkapi dengan inovasi canggih. Kemajuan itupun seolah tak kalah dengan kostum para superhero.  Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/10/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu.

 (Baca Juga: Masih Berbohong di Usia Senja, Apakah Ratna Sarumpaet Mengalami Post Power Syndrome?)

Memiliki motif loreng

Motif loreng dengan paduan warna hijau, hitam, dan coklat tua kian membuat penampilan anggota TNI semakin gagah. Busana bercorak loreng demi keperluan penyamaran, terutama untuk menghindari pantauan musuh.

Mereka melakukan kamuflase yang merupakan salah satu teknik pertahanan, yakni mengacu pada metode yang digunakan untuk membuat pasukan militer agar tidak dapat terdeteksi oleh pasukan musuh.

Penerapan warna dan bahan untuk kostum perang dan peralatan militer juga digunakan untuk menyembunyikan para musuh dari pengamatan visual. Dengan menggunakan kostum bermotif loreng maka pasukan militer bisa menyatu dengan medannya serta mengurangi bahaya sebagai sasaran tembak musuh.

 

Tahan air dan angin

Tak hanya bermotif loreng, ada sejumlah pakaian tentara juga didesain sedemikian rupa agar tahan air. Mengingat seorang prajurit harus bisa menembus berbagai medan dengan segala macam rintangan. Selain itu pakaian tentara juga dibuat anti-angin. Hal ini akan melindungi tubuh para tentara agar tidak mudah sakit dari terapaan angin saat mereka harus menembus cuaca ekstrim.

Tahan Api

Seorang tentara akan berhadapan dengan berbagai situasi berbahaya dan mendesak, alhasil pakaian mereka didesain tahan api. Tujuannya agara tidak mudah sobek dan tak sengaja terbakar apabila terkena api.

 (Baca Juga: Astaga Kelakuan Netizen, Ramai-Ramai Pamer Bokong di Objek Wisata Bali)

Anti-Nyamuk

Beberapa dari baju dinas tentara juga didesain tahan nyamuk, agar dapat melindungi pemakainnya dari gigitan nyamuk saat bertugas. Yang membuat kostum ini tahan nyamuk adalah cara khusus dalam proses pemintalan benangnya.

Pakaian ini dibuat secara khusus mulai dari proses pemintalan, penganyaman, hingga finishing. Seragam anti nyamuk tersebut dibuat dengan komposisi 87% katun dan 13% polyester.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini