Benarkah Orang yang Habis Operasi Plastik akan Langsung Percaya Diri?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 05 481 1960350 benarkah-orang-yang-habis-operasi-plastik-akan-langsung-percaya-diri-3wHJ6uglCg.jpg Operasi Plastik (Kuhipat)

KEHADIRAN media sosial dan munculnya tren kecantikan dari berbagai negara tak jarang membuat seseorang merasa penampilannya kurang sempurna. Bila dia tidak bisa mengatasi perasaan tersebut, tidak menutup kemungkinan ia akan tergerak melakukan operasi plastik.

Orang yang melakukan operasi plastik merasa dapat mengubah bagian tubuh tertentu akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Mengenai anggapan tersebut, psikolog klinis Liza M. Djaprie memiliki pandangannya sendiri.

“Sebenarnya kalau dikatakan abis operasi plastik seseorang bisa langsung percaya diri, iya. Tapi pertanyaannya kemudian bertahan berapa lama? Karena berarti akarnya dia sudah tidak percaya diri,” ungkapnya saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan belum lama ini.

 Baca juga: Bosan Pakai Celana saat Bekerja? Nih Pilihan Rok Berlayer yang Kece Abis

Operasi Plastik

Dijelaskan oleh Liza, seseorang yang melakukan operasi plastik memiliki rasa ketidakpercayaan diri. Begitu dirinya berhasil melakukan operasi plastik, orang tersebut berpikir bila sebaiknya bagian tubuh lain mendapatkan perlakuan yang sama agar terlihat sempurna. “Jadi bisa aja setelah melakukan operasi plastik di satu sisi akan merasa kurang di sisi lain sehingga melakukan operasi lagi,” imbuhnya.

Bila kondisinya benar demikian, maka orang-orang yang berada di lingkungan sosialnya harus memberikan perhatian berlebih. Sebab ada sesuatu yang salah dalam diri orang tersebut sehingga harus diperbaiki agar tidak semakin parah. Masalah yang paling sering terjadi adalah orang tersebut kesulitan mencintai dirinya sendiri.

 Baca juga: Eksplorasi Warna dari Label Busana Mewah Dunia

“Lingkungan sekitar harus memberi perhatian kepada pelaku operasi plastik. Selain itu, kalau saran saya orangnya sendiri harus terapi bagaimana caranya mencintai diri sendiri apa adanya. Setelah berhasil mencintai, baru dilihat kembali kondisinya,” papar Liza.

 Operasi Plastik

Masalah bisa bertambah parah apabila operasi plastik yang dilakukan tidak berhasil. Kondisi ini akan membuat orang tersebut merasa lebih jatuh dan tingkat percaya dirinya semakin berkurang. “Bisa terjadi depresi karena dia merasa gagal. Atau bahkan ada kecenderungan bunuh diri. itu mungkin banget,” tambah Liza.

 Baca juga: Jadi Penyanyi Theme Song Asian Para Games 2018, Intip Gaya Sheryl Sheinafia yang Cantik!

Sementara itu, berbeda kasusnya bila operasi plastik dilakukan karena memang kondisi fisik tertentu seperti bibir sumbing atau karena kecelakaan. Faktor tersebut dapat dimaklumi bila seseorang memutuskan untuk melakukan operasi plastik. “Dokter bedah plastik tidak hanya mengurus estetika doang, tapi melakukannya di kasus-kasus yang dibutuhkan. Jadi tergantung kasusnya,” pungkas Liza.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini