nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Penyakit-Penyakit Ini Rentan Penularannya Saat Memandikan Jenazah

krjogja.com, Jurnalis · Sabtu 06 Oktober 2018 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 06 481 1960442 waspada-penyakit-penyakit-ini-rentan-penularannya-saat-memandikan-jenazah-YZ1FxiswIf.jpg

PASIEN yang meninggal dunia dengan riwayat penyakit tertentu berpotensi menularkan penyakitnya kepada orang lain. Mereka adalah pasien yang meninggal dengan riwayat penyakit seperti hepatitis, paru- paru serta HIV, sehingga disarankan dimandikan jenazahnya di rumah sakit.

Sementara untuk pasien yang meninggal dunia tanpa riwayat penyakit di atas tetap direkomendasikan penanganannya secara hati-hati karena jenazah rentan dengan infeksi mulai dari virus, kuman dan parasit. Jangan sampai virus, kuman dan parasit tersebut justru menular bagi orang yang memandikan dan mengkafani.

"Selama ini sering terjadi proses memandikan jenazah masih tradisional atau dengan dipangku. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan sebagai bentuk Birrul Walidain atau berbakti kepada orangtua, tetapi dengan pertimbangan kesehatan disarankan tidak harus dipangku," ujar Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Bantul, Sukamta didampingi perawat jenazah RS PKU Muhamadiyah Bantul, H Suwardiman Anwar Huda disela kegiatan pemberdayaan kaum rais.

Dalam acara ini para pemuka masyarakat diberi pengetahuan cara merawat jenazah mulai awal meninggal hingga tahap mengkafani. Hal tersebut perlu dilakukan, jangan sampai kebiasaan dalam memperlakukan jenazah justru berdampak pada kesehatan.

Dijelaskan, imbauan memandikan tidak harus dipangku sesuai dengan kajian aspek kesehatan. Selain tidak dipangku masyarakat juga diminta untuk memakai alat perlindungan diri.

H Suwardiman Anwar Huda menambahkan, berbakti kepada orangtua bisa diwujudkan dengan perbuatan lainnya dan tidak hanya memangku jenazah.

(Baca Juga: Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?)

"Birrul walidain kepada orangtua, bisa mendoakan, meneruskan cita - citanya, jadi anak baik dan selalu mendoakan itu hanya beberapa wujud bakti kepada orangtua. Kami mengimbau agar proses pemandian jenazah tidak dipangku dengan pertimbangan kesehatan," ujarnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini