nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Bungsu Lebih Pintar daripada Anak Sulung, Benarkah?

Firda Janati, Jurnalis · Minggu 07 Oktober 2018 15:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 07 196 1960727 anak-bungsu-lebih-pintar-daripada-anak-sulung-benarkah-ALjNY414dX.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SETIAP anak memiliki sifat yang berbeda, mereka memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Hal itu yang membuat mereka memiliki keunikanya masing-masing. Penelitian yang dilakukan Universitas Essex, Inggris, mengenai urutan kelahiran ternyata diyakini mempunyai peran penting untuk menentukan kesuksesan anak.

Sebenarnya ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kepintaran antara anak tertua dan termuda. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Essex tersebut diketahui bahwa anak termuda lebih pintar dan lebih mudah bersosialisasi di lingkungan sosial mereka, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Minggu (7/10/2018), ada beberapa alasan anak termuda diyakini lebih pintar daripada anak tertua.

Memiliki ingatan yang kuat

Anak-anak yang lebih muda dalam keluarga cenderung memiliki ingatan yang sangat luar biasa daripada anak tertua. Mereka lebih baik dalam mengingat kembali peristiwa masa lalu. Selain itu, dengan daya ingatnya yang kuat mereka mampu mengingat dan mengenali wajah, tempat atau lokasi.

Lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang yang lebih tua

Penelitian ini mengungkapkan bahwa anak bungsu lebih mudah bersosialisai dengan anak-anak lain bahkan yang lebih tua dari dirinya. Ini dikarenakan mereka selalu dikelilingi oleh orang yang lebih tua. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa IQ dan kematangan emosi orang cerdas dan pintar memiliki pengalaman lebih lama dan banyak, seperti anak bungsu.

anak dan ortu

Menjadi lebih bijaksana

Karena kebanyakan anak bungsu selalu dikelilingi orang yang lebih tua, membuat mereka memiliki gaya percakapan yang sopan dan baik, walaupun dengan orang-orang yang baru mereka temui. Mereka telah banyak belajar dari orang yang lebih tua. Pengetahuan yang mereka peroleh dapat mengubah mereka menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

Memiliki pribadi yang kuat

Berkat anak tertua, anak yang lebih muda menjadi mempunyai cerita pengalaman yang lebih banyak. Mereka belajar untuk menanyanyakan segala hal yang ingin meraka ketahui dari usia dini pada orangtua atau saudara tertua mereka. Ini adalah salah satu alasan yang membuat mereka tidak takut ketika bersosialisasi. Selain itu, karena pengalaman yang sudah dilakukan sebelumnya oleh saudara tertua, mereka menjadi lebih baik dalam hal strategi, berkat saran dari saudara-saudara mereka.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini