nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspirasi Busana Syar'i Bertema Batik yang Pernah Ditampilkan di Paris Fashion Week 2018

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 194 1961112 inspirasi-busana-syar-i-bertema-batik-yang-pernah-ditampilkan-di-paris-fashion-week-2018-9AQbTo9xv7.JPG Dua koleksi SiSeSa dalam Indonesia Modest Fashion Week 2018 (Foto: Utami Riyani/Okezone)

DAHULU, busana syar'i identik dengan warna gelap dan polos. Namun sekarang, busana yang menutup tubuh wanita disertai dengan khimar (kerudung panjang menutupi dada dan bokong) dihadirkan dengan warna-warna cerah dan beragam motif.

Salah satu brand busana muslim syar'i yang menampilkan koleksi ready to wear deluxe dengan beragam warna dan motif adalah SiSeSa. Brand yang didirikan oleh tiga bersaudara, Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera ini menampilkan dua koleksinya sekaligus dalam Indonesia Modest Fashion Week 2018 akhir pekan lalu.

 

Koleksi pertama yang ditampilkan adalah "Atmos-Cheer". Berbeda dengan koleksi-koleksi sebelumnya, busana-busana dalam Atmos-Cheer ini menggambarkan suasana yang riang gembira dari hubungan persahabatan. Warna-warna yang digunakan pun menggambarkan keceriaan, seperti light coral, electric blue, baby blue, baby pink, dan warna-warna yang terinspirasi dari wahana hiburan seperti maroon, navy, dan cream.

"Keceriaan ini kita ambil dari warnanya yang terinspirasi dari karnaval," ujar Senaz Nasansia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu, 6 Oktober 2018.

 (Baca Juga: Seorang Pria Rela Jual Kekasihnya di Laman eBay, Respon si Pacar Mengejutkan!)


Sedangkan untuk motifnya, sekira 30 busana yang dipamerkan menggunakan motif-motif festival berupa geometric dengan detail pom-pom dan tassel. Busana-busana tersebut juga dibubuhi dengan kristal Swarovski yang  membuat penampilan semakin cantik tanpa harus menggunakan gelang atau kalung lagi.

Koleksi kedua yang ditampilkan SiSeSa adalah Fascinating Java. Ini adalah koleksi yang sempat ditampilkan dalam ajang Paris Fashion Week 2018 pada 25 September lalu di Hotel d'Evreux, Paris, Prancis.

(Baca Juga: Tren Mistik, Pria-Pria di Thailand Mengecat Kuku untuk Hindari Serangan Hantu Janda)

Sebanyak 10 busana syar'i tersebut terinspirasi dari kekayaan kebudayaan di Pulau Jawa. Mengambil batik Kudus yang terkenal dengan detail kecil yang rumit, digital printing yang ditampilkan membuat koleksi ini terlihat modern, ringan, dan wearable.

 

"Kita ingin menimbulkan etnis Jawa dari segi batik. Ingin memperlihatakan busana syar'i dan semuanya handmade dari batik Kudus. Bisa dipakai untuk semi formal dan formal. Kemudian ditambahi Swarovski, jadi benar-benar elegan," jelas Sansa Enandera.

 

Selain mengangkat batik Kudus, Fascinating Java juga menggunakan detail bordir Tasikmalaya. Untuk pilihan warna, koleksi ini berpedoman pada warna fall dan winter, yakni ungu, pink, plum, cream, hitam, salmon, dan rosewood.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini