Bukan Salah Merawat, Kerusakan Rambut Bisa Pertanda Penyakit!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 08 194 1961169 bukan-salah-merawat-kerusakan-rambut-bisa-pertanda-penyakit-reducj3v95.jpg Rambut bermasalah bisa jadi tanda penyakit (Foto:Ist)

KEBANYAKAN orang-orang berpikir bahwa kondisi rambut tergantung dari bagaimana cara orang tersebut merawat rambutnya dan juga hal-hal eksternal lainnya. Namun ternyata, kondisi rambut bisa saja merupakan gejala dan indikator yang mengungkapkan bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Dilansir dari BrightSide, Senin (8/10/2018), berikut adalah beberapa masalah rambut yang paling umum, dan tanpa Anda sadari, ini merupakan tanda dari kesehatan tubuh Anda.

1. Kusam dan mati

Alasan pertama yang muncul dalam pikiran Anda jika mengalami rambut yang kusam dan mati adalah kesalahan dalam merawat rambut atau pun terlalu sering menggunakan alat pengering rambut dan pelurus rambut sehingga rambut menjadi mati. Rambut juga bisa menjadi kusam di musim dingin dan apabila tubuh Anda menderita kekurangan vitamin.

Gejala ini dapat menunjukkan bahwa tubuh Anda membutuhkan selenium, sulfur, dan fosfor. Untuk memastikannya, lihatlah gusi dan gigi Anda. Jika Anda memperhatikan adanya masalah gigi atau perubahan yang tidak menyenangkan lainnya, berkonsultasilah segera dengan dokter.

(Baca Juga: 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya)

(Baca Juga: Seorang Pria Rela Jual Kekasihnya di Laman eBay, Respon si Pacar Mengejutkan!)

(Baca Juga: Tren Mistik, Pria-Pria Ini Mengecat Kuku untuk Hindari Serangan Hantu Janda)

2. Ketombe

Seperti yang Anda ketahui, ketombe memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini tentu tidak menyenangkan dan dapat merasakan rasa gatal yang berlebihan. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Salah satunya adalah mungkin Anda terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut. Terlebih lagi, ketombe terjadi sebagai akibat dari diet yang terlalu ketat, di mana harus mengurangi lemak dan juga karbohidrat.

 

Alasan lainnya adalah karena faktor stres, masalah dengan saluran pencernaan, atau imunodefisiensi. Jika warna ketombe Anda kuning, maka hal ini mungkin memiliki dematitis seboroik, petologi dermatologi yang agak sulit untuk dihilangkan. Dalam hal ini, sampo anti-ketombe tidak akan membantu. Anda harus mengunjungi seorang trichologist untuk mengetahui penyebab dan mencari solusi untuk mengatasinya.

3. Tipis dan rapuh

Rambut yang tipis dan rapuh mungkin disebabkan oleh kurangnya protein, elemen yang melakukan berbagai fungsi penting yang tidak dapat ditangani oleh elemen lain. Dengan kata lain, ketika tubuh kekurangan protein, kondisi kulit, kuku, dan rambut akan menjadi buruk. Namun, rambut yang tipis dan rapuh bisa saja menunjukkan bahwa ada masalah yang serius di dalam tubuh Anda. Misalnya, rambut rapuh adalah salah satu gejala penyakit cushing. Gejala dari penyakit ini antara lain insomnia kronis, tekanan darah tinggi, dan nyeri punggung.

4. Rontok

Kehilangan 100 helai rambut sehari mungkin adakah sesuatu hal yang normal. Namun, apabila Anda mengalami kerontokan secara berlebihan, hal itu perlu Anda waspadai. Cobalah untuk menyisir rambut Anda dengan jari-jari, jika rambut yang rontok hanya 2 helai, ini masih baik-baik saja. Namun jika jumlahnya lebih dari itu, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Terjadinya rambut rontok disebabkan oleh sistem endoktrin atau masalah dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini juga mungkin pertanda diabetes. Jangan panik. Bisa saja ini terjadi hanya karena kurang vitamin atau akibat stres.

5. Berminyak

Rambut berminyak biasanya menunjukkan bahwa diet Anda tidak cukup sehat dan Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak hewan. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk mengurangi mengonsumsi daging, makanan berminyak, manisan, makanan asap, alkohol dan juga kopi. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk mencampurkan minyak pohon teh ke dalam sampo Anda.

Namun jika hal ini tidak berhasil, rambut berminyak mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami masalah dengan metabolisme, kegagalan hormon, atau masalah pada hati Anda. Jika semakin lama semakin parah, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini