nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Jonatan 'Jojo' Ajak Anak-Anak Main Bulutangkis, Jadi Play Theraphy Korban Gempa Lombok

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 09:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 08 196 1960928 aksi-jonatan-jojo-ajak-anak-anak-main-bulutangkis-jadi-play-theraphy-korban-gempa-lombok-xudkQkqzOH.jpg Jonatan Christie. (Foto: Inasgoc)

ATLET bulutangkis Jonatan Christie menepati janjinya. Seusai menjalani rangkaian pertandingan, pemuda yang namanya tengah naik daun itu mengunjungi Lombok untuk melihat langsung para korban bencana alam. Hal ini diketahui dari unggahannya di media sosial.

Pemuda yang akrab disapa Jojo itu memang menggalang dana untuk korban gempa di sana. Bahkan dia turut menyisihkan sebagian besar hadiah yang diterimanya usai menjuarai pertandingan tunggal putra di Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.

Lewat Instagram Story akun pribadinya, @jonatanchristieofficial, Jojo menginformasikan dirinya terbang ke Lombok pada Minggu, 7 Oktober 2018.

Baca Juga: Astaga Kelakuan Netizen, Ramai-Ramai Pamer Bokong di Objek Wisata Bali

Sesampainya di sana, Jojo langsung menengok shelter yang dibangun di Lapangan Gondang, Lombok Utara. Sebanyak 224 shelter dibangun berdasarkan hasil penggalangan dana. Tidak lupa dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang sudah membantu.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk teman-teman yang sudah membantu. Ini semua nggak akan terwujud tanpa bantuan teman-teman," tulisnya di Insta Story seperti yang dikutip Okezone, Senin (8/10/2018).

Selain meninjau dan memberikan bantuan langsung kepada korban gempa, Jojo juga menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak-anak di pengungsian. Mereka pun diajak untuk bermain bulutangkis bersama. "Hari bahagia sekali bisa bermain langsung dengan adek-adek di Gondang, Lombok Utara," ungkapnya.

"Seneng bgt rasa nya bisa berkunjung dan bisa main2 bulutangkis bareng anak2 ini," tambahnya.

Baca Juga: Tak Hanya Pintar, Burung Beo Ini Ungkap Perselingkuhan Suami Majikannya Dengan Pembantu Rumah Tangga

Menurut psikolog klinis, Liza M. Djaprie, tindakan yang dilakukan oleh Jojo termasuk trauma healing kepada korban bencana alam yang membantu keadaan mereka pulih kembali.

"Saat bencana ada kesedihan yang mendalam, kaget, terus dia enggak ngapa-ngapain, diam, takut, mau nangis juga enggak bisa lihat orangtuanya sibuk sendiri. Jadi mendem (perasaannya). Dengan cara main-main, ngobrol, ajak herak, olahraga kaya gitu ngeluarin perasaannya," tuturnya.

Mengajak anak bermain, bergerak, maupun berolahraga merupakan play theraphy. Saat korban terutama anak-anak diajak melakukannya, maka perasaan mereka menjadi lebih lepas. Bila sudah begitu, biasanya pelepasan trauma menjadi lebih gampang. Baru setelah itu pendampingan diberikan untuk menumbuhkan harapan dan motivasi.

"Kalau awal-awal kita ajak gerak, olahraga main-main, ketawa, maka hormon happiness-nya keluar. Saat itu ada hormon yang teraktivasi untuk happy, bergerak kembali, dan menjadi positif," pungkas Liza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini