nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Pengungsi, Wanita Ini Rela Ikut 12 Maraton dalam Setahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 19:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 08 196 1961160 demi-pengungsi-wanita-ini-rela-ikut-12-maraton-dalam-setahun-rfQ3uyo80L.jpg Sarah Easton ikut maraton untuk bantu pengungsi di Myanmar (Foto:Metro)

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan.

Salah satunya dengan olahraga lari, seperti yang dilakukan oleh wanita bernama Sarah Easton. Sarah, sebagaimana diwarta Metro, Senin (8/10/2018) disebutkan sedang mengumpulkan uang untuk donasi yang mana ia kumpulkan dengan cara menjalani acara maraton, bukan satu atau dua namun 12 acara maraton dalam waktu satu tahun, yang mana delapan di antaranya sudah selesai dijalani oleh Sarah.

Upaya keras Sarah untuk bisa menggalang uang, dikatakan lebih lanjut ialah semata-mata demi bisa mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk ratusan ribu orang yang terlantar di kamp-kamp di Kachin, Shan, Kayin dan Rakhine. Mengingat Sarah yang telah tinggal selama 2,5 tahun di Myanmar, sendirinya menjadi saksi atas konflik yang sedang berlangsung di negara tersebut. Uang yang dikumpulkan Sarah, disebutkan nantinya akan didonasikan melalui Centre for Social Integrity and Community Partners International, kelompok organisasi yang bekerja di kedua daerah terpencil di Myanmar dan kamp-kamp pengungsi di Bangladesh, yang nantinya uang tersebut digunakan untuk peningkatan fasilitas kesehatan dan kesejahteraan bagi komunitas yang terpengaruh konflik, sulit dijangkau dan kurang terlayani.

"Saat bepergian di sekitar Myanmar tiga setengah tahun yang lalu dengan partner, saya mendapat tawaran pekerjaan dari grup restoran internasional jadi kami memutuskan untuk melanjutkan petualangan kami dan pindah ke sana. Saya benar-benar ingin mengumpulkan uang banyak untuk konflik yang terjadi di Myanmar ini, saya merasa kalau menjalankan satu maraton saja tidak akn cukup," jelas Sarah.

(Baca Juga: 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya)

(Baca Juga: Seorang Pria Rela Jual Kekasihnya di Laman eBay, Respon si Pacar Mengejutkan!)

 

(Baca Juga: Tren Mistik, Pria-Pria Ini Mengecat Kuku untuk Hindari Serangan Hantu Janda)

Sarah kemudian menjelaskan, karena konflik yang sedang terjadi di negara tersebut, sebagai akibatnya ratusan ribu orang menjadi korban dan terlantar kehidupannya.

"Di area Rakhine, pemberian bantuan telah sangat terganggu oleh kekerasan pada akhir 2017. Hampir 700.000 orang telah melarikan diri dari negara Rakhine Myanmar ke Bangladesh setelah pertempuran di daerah itu dengan kekerasan, kematian dan kehancuran yang meluas telah dilaporkan di pemberitaan. Isu ini jadi begitu penting untuk saya, saya orang asing yang tinggal di sini selama tiga tahun dan saya merasa sangat diterima oleh semua orang di sini," tambah Sarah.

Akan berlari maraton sebanyak 12 kali, Sarah dikatakan akan berlari dengan total jarak 312 miles atau kurang lebih sama dengan 502,115 kilometer. Sejauh ini, dari total 12 maraton yang direncanakan, Sarah telah menyelesaikan lari maraton di delapan perhelatan, dengan catatan waktu terbaik 3:22.

Highlight dari perjalanan maraton Sarah sendiri, ialah ketika Sarah berhasil sebagai pelari wanita pertama di trek Tembok China dan menyentuh garis finish satu menit sebelum pukul 12 malam di acara Midnight Sun Marathon di Norwegia.

Sekarang, Sarah disebutkan sedang mengikuti event maraton nya yang ke-9, dengan trek maraton di pegunungan di utara Vietnam. Hong Kong, Penang, dan Singapura nantinya akan menjadi trek final maraton Sarah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini