nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miris, Istri Dipenjara 3 Bulan Gara-Gara Buka Handphone Suami Tanpa Izin

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 08 196 1961268 miris-istri-dipenjara-3-bulan-gara-gara-buka-handphone-suami-tanpa-izin-r2ZJmyGj6E.jpg Ilustrasi (Foto: Odditycentral)

SEBUAH pengadilan di Uni Emirat Arab, baru-baru ini menjatuhkan hukuman 3 bulan penjara kepada seorang wanita. Alih-alih membuat kesalahan fatal seperti mencuri, atau menghilangkan nyawa seseorang, ia harus mendekam di penjara atas tuduhan menggunakan telpon genggam tanpa izin suaminya.

Dalam sebuah keterangan, pria yang tidak diketahui identitasnya itu mengklaim bahwa sang istri menggunakan telpon genggamnya saat ia sedang tertidur lelap. Wanita itu bahkan memindahkan semua data termasuk gambar dan history chat suaminya ke dalam telpon genggam pribadinya.

Pria tersebut juga melayangkan komplain bahwa istrinya telah membocorkan informasi pribadi kepada keluarga dan sanak saudara mereka. Padahal, menurut pengakuan istrinya, sang suamilah yang memberikan secara langsung kunci untuk membuka telpon genggamnya.

Masalah ini semakin rumit karena sang istri mencium sesuatu yang janggal. Ia beberapa kali mendapati sang suami sedang bertukar pesan dengan wanita lain. Terlepas dari alasan tersebut, pengadilan Ras Al Khaimah menyatakan bahwa ia bersalah.

Sang suami segera melayangkan gugatan resmi, dan pihak berwenang pun telah melakukan interogasi lebih lanjut. Masalah data atau informasi pribadi memang menjadi isu penting di negara asal mereka.

cek hp

Dilansir Okezone dari OddityCentral, Selasa (9/10/2018), Uni Emirat Arab bahkan memiliki peraturan khusus bahwa pasangan suami istri dilarang mengakses data-data pribadi tanpa seizin pemiliknya. Peraturan ini tetap berlaku, meski salah satu dari pasangan diduga sedang melakukan aksi perselingkuhan.

Kasus ini dilaporkan ke pengedalin setempat pada 1 Oktober lalu, dan telah menyulut perdebatan hebat di media sosial. Beberapa orang setuju dengan keputusan pengadilan, karena tindakan yang dilakukan wanita tersebut telah menyalahi aturan. Namun tak sedikit pula yang membelanya.

"Dia pantas menerimanya. Tidak ada yang memberikan dia izin untuk melihat informasi pribadi di telpon genggam suaminya," ujar salah seorang netizen.

"Jika tidak ada sesuatu yang mencurigakan, wanita itu tidak akan melakukan hal tersebut. Bukankan sangat memalukan memenjarakan istri sendiri?," tulis lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini