nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Kafe di India Ini Pekerjakan Orang Disabilitas Intelektual Sebagai Pekerjanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 09:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 08 298 1960918 unik-kafe-di-india-ini-pekerjakan-orang-disabilitas-intelektual-sebagai-pekerjanya-tStLYLpI40.jpg Cafe Pekerjakan Orang Difable (Foto: Timesofindia)

MENGONSUMSI hidangan di cafe maupun restoran merupakan hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa mencicipi aneka hidangan baru dengan rasa yang enak dari tangan-tangan terampil para koki berpengalaman. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman terbaik Anda dalam dunia kuliner.

Biasanya cafe atau restoran yang Anda kunjungi menghadirkan para pegawai yang rapih dan terlihat menarik untuk melayani pesanan Anda, namun berbeda dengan kafe yang satu ini. Sebuah kafe di Mumbai, telah memperkejakan para pegawainya yang memiliki gangguan intelektual untuk melayani para tamunya.

Cafe Arpan di Juhu, Mumbai didirikan oleh Yash Charitable Trust, sebuah organisasi non-pemerintah (LSM), dengan motif untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang menderita cacat perkembangan dan intelektual.

Baca Juga :

Kafe ini mulai beroperasi pada Agustus 2018. Tempat ini dikelola oleh 12 orang dewasa yang bekerja dalam shift. Mereka telah dilatih dalam keterampilan memasak, membersihkan, dan manajemen. Hal terbaik yang dapat Anda temukan bila berkunjung ke tempat ini adalah kehangatan saat mereka menyambut para tamu yang datang.

Sebagaimana dilansir dari Times of India, Senin (8/10/2018), ini bukan pertama kalinya mereka melakukan sesuatu yang unik. Sebelumnya pada 2012, mereka juga telah mempelopori layanan kotak makan siang pertama di kota mereka dengan memanfaatkan pegawai yang menderita disabilitas.

Konsep kafe semacam ini lalu berkembang ke India dari Filipina, di mana Puzzla Cafe di Manila didirikan oleh seorang bocah autistik, untuk membantu orang-orang yang berbeda untuk mendapatkan penghidupan dan juga membiarkan mereka membuktikan diri.

Ide utama didirikannya kafe ini adalah untuk memperkenalkan masakan yang mudah dibuat dan memasak dengan sederhana. Hidangan yang terkenal di kafe ini adalah videshi vada pav, raste wala sada sandwich, airport wala special sandwich, kachumber salad, garam chai dan lemon iced chai.

Mereka memastikan bahwa kafe tidak kalah dengan kafe pada umumnya. Mereka juga turut memberikan fasilitas entertaiment dengan adanya penyanyi, pemain instrumen, dan pemain tari klasik. Mereka juga memiliki grup musik, yang disebut Tarang yang mencakup penari Bharatnatyam, pemain harmonium, sitar dan tabla.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini