nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan dari Cara Memasak Dagingnya, Ini Rahasia Membuat Burger yang Lezat

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 13:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 08 298 1961046 bukan-dari-cara-memasak-dagingnya-ini-rahasia-membuat-burger-yang-lezat-29NLJf7Y4k.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

HAMBURGER atau burger, tidak dipungkiri memang jadi salah satu makanan asing yang sudah begitu familiar untuk lidah masyarakat Indonesia. Selain sudah hadir sejak lama melalui berbagai restoran cepat saji asing, sekarang juga sudah sangat banyak kedai-kedai burger lokal.

Tidak hanya mudah didapatkan di berbagai restoran cepat saji dengan harga yang cukup terjangkau. Burger sendiri termasuk jenis makanan yang mudah dibuat sendiri di rumah. Walau memang, tetap ada trik-trik tersendiri untuk bisa memasak burger sendiri di rumah dan hasilnya seenak yang versi restoran.

Selama ini mungkin bagi sebagian banyak orang, rahasia untuk membuat burger enak terletak bagaimana cara kita memasak dagingnya. Sebagaimana dilansir Dailymail, Senin (8/10/2018) diungkapkan oleh Shayne McCallum, juru memasak dari 8bit , restoran spesial burger di Melbourne dan Sydneyl, ternyata rahasia membuar burger enak bukanlah di bagian memasak dagingnya, namun kombinasi dari beberapa komponen lainnya seperti cara menuangkan saus pada burger.

Dijelaskan lebih lanjut, trik soal saus ini adalah alih-alih mengoleskan atau menyemprotkan saus dalam gerakan melingkar, Shayne menyebutkan selama ini di restorannya saus ini dituangkan ke burger dengan cara zig-zag.

"Ini kuncinya ada di soal takaran jumlah sedikit banyaknya. Saya pikir ketika kita memberikan saus burger dengan cara gerakan melingkar, hasil akhirnya di dalam burger sausnya akan sedikit kebanyakan," ungkap Shayne.

burger lezat

Tidak hanya soal cara menuangkan saus Shayne juga merekomendasikan ketika membuat burger jangan sampai lupa untuk menambahkan saus tomat, saus mustard Amerika, mayones, atau jus acar untuk memastikan burger tersebut memiliki cita rasa yang maksimal.

Baca Juga: 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya

Sebagai tambahan, dua komponen lainnya untuk sukses membuat burger enak adalah bagaimana memilih pilihan roti burger dan campuran daging. Dikatakan Shayne, untuk campuran daging cincang, yang dibutuhkan adalah campuran dari daging yang mengandung sedikit lemak dari daging dengan kualitas terbaik. Sedangkan untuk roti burger atau roti bun, roti yang mesti dipilih adalah roti yang harus dapat menampung saus dan melengkapi cita rasa saus itu sendiri ketika ditambahkan ke burger.

"Tekstur roti bun harus pas, ketika saus agak berair maka dibutuhkan roti yang keras agar tidak berantakan. Roti bun yang lembut itu bagus, tapi jika terlalu lembut juga tidak bagus karena tetap akan membuat berantakan," tambah Shayne.

Baca Juga: Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?

Terlepas dari segala teknik dan trik yang ada untuk membuat burger yang lezat, Shayne mengakui bahwa burger adalah makanan yang rasanya terbaik, setelah melalui proses trial dan eror selain kesukaan pribadi selalu tetap penting.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini