nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Asal Usul dan Fakta Menarik "Oktoberfest", Festival Bir Terbesar di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 08 298 1961232 mengulik-asal-usul-dan-fakta-menarik-oktoberfest-festival-bir-terbesar-di-dunia-Amadf1f5Rg.jpg Kemeriahan Oktoberfest di Munich, Jerman (Foto: Radiomelodie)

SEJUMLAH negara di dunia memiliki tradisi unik ketika memasuki musim gugur. Salah satunya adalah Oktoberfest. Ini adalah satu dari sekian banyak festival terbesar yang dirayakan setiap tahun di seluruh dunia. Namun, acara utamanya sendiri berlangsung di Munich, Bavaria, Jerman.

Menurut sejarahnya, festival asli Jerman ini berasal dari perayaan pernikahan Pangeran Ludwig dan Putri Therese mengucapkan janji suci pada 12 Oktober 1810, di Munich, Bavaria. Oktoberfest berlangsung selama 16 hari berturut-turut, mulai dari pertengahan atau akhir September hingga minggu pertama Oktober.

Namun, festival tersebut juga dapat berlangsung selama 18 hari jika hari ke 16 jatuh sebelum 3 Oktober. Oktoberfest menjadi bagian terpenting dari budaya Bavaria, meski perayaannya sendiri hanya sekadar memainkan musik tradisional dan mengonsumsi banyak bir. Biasanya, warga logal akan mengenakan dirndls dan lederhosen (pakaian tradisional Jerman) selama festival berlangsung.

Setiap tahun, lebih dari enam juta pencinta bir dan wisatawan dari seluruh dunia mendatangi Jerman hanya untuk merasakan suasana Oktoberfest. Festival ini secara resmi ketika Walikota telah mengetuk barel bir pertama dan berkata "O 'zapft is!", dan orang yang harus minum bir pertama kali adalah Perdana Menteri atau Presiden Bavaria.

Oktoberfest memiliki sejumlah aturan yang menyatakan bahwa bir yang disajikan di dalam festival tersebut harus berasal dari enam pabrik bir di Munich, atau harus melewati standarisasi kemurnian untuk memastikan kualitas bir.

Oktoberfest

Oktoberfest 2018

Tahun ini, Oktoberfest diselenggarakan mulai Sabtu, September 2018 hingga Minggu kemarin 7 Oktober 2018. Anda tidak perlu membayar biaya apa pun untuk mencicipi olahan bir di festival tersebut.

Berikut Okezone rangkumkan pula, beberapa fakta menarik seputar Oktoberfest yang dilansir dari Times of India, Senin (8/10/2018).

1. Dimulai dari bulan September. Meski awalan namanya mengandung kata Oktober, festival ini sejatinya dimulai pada pertengahan September hingga akhir pekan pertama Oktober.

2. Hanya bir asli Munich yang disajikan, karena kualitas dan rasanya sudah teruji.

3. Nama bir di festival ini dikenal dengan istilah "Oktoberfest beer".

4. Penduduk Munich menyebut festival ini dengan istila "die Wiesn" karena diselenggarakan di Theresienwiese.

5. Paris Hilton dilarang menghadiri Oktoberfest, alasannya pun sangat mengejutkan. Beberapa tahun lalu, ia datang ke festival ini dengan pakaian yang tidak sopan dan malah mempromosikan merek anggur miliknya. Paris pun langsung dilarang untuk mengikuti festival bir terbesar di dunia itu secara permanen.

6. Setiap tahun, lebih dari 4.000 benda hilang dan ditemukan oleh pengunjung lain di Oktoberfest.

7. Pada 2017 lalu, para pengunjung Oktoberfest berhasil menghabiskan 7,5 juta liter bir selama festival berlangsung. Jumlah yang sangat fantastis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini