nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Membuktikan, Wanita Cantik Cenderung Lebih Suka Pada Pria Bertampang Pas-Pasan Tetapi Cerdas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 19:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 09 196 1961535 peneliti-membuktikan-wanita-cantik-cenderung-lebih-suka-pada-pria-bertampang-pas-pasan-tetapi-cerdas-HbcHdPDt91.jpeg Mariah Carey dan Mantan Suami (Foto: New.com)

ANDA punya tampang pas-pasan, hobi baca buku, bermain games, dan hal-hal lain yang sering dikaitkan dengan predikat kutu buku atau 'nerd'? Jangan berkecil hati. Sebuah penelitian membuktikan bahwa para wanita cenderung lebih tertarik pada pria yang memiliki otak cerdas, meski kondisi fisiknya terbilang biasa saja.

Penelitian yang lg dilakukan oleh American Psychological Association ini berhasil membuktikan keterkaitan daya tarik fisik dan kecerdasan. Secara sederhana, wanita berparas cantik dan seksi justru lebih tertarik memiliki suami yang pintar.

"Kami memprediksi bahwa para wanita yang atraktif secara fisik, lebih menyukai pria yang cerdas dan pintar. Sementara daya tarik fisik pria tidak dapat memprediksi kecerdasan lawan jenisnya," tulis hipotesis studi dari Cross-Trait Assortment for Intelligence and Physical Attractiveness, sebagaimana dilansir Okezone dari News, Selasa (9/10/2018).

Baca Juga :

Para peneliti juga mencatat, baik pria maupun wanita sangat menghargai kecerdasan dan daya tarik fisik pasangan mereka. Namun, pria menempatkan penekanan yang lebih tinggi pada daya tarik fisik sebagai indikator utama mereka dalam menilai calon pasangan. Semengara wanita mencari pasangan yang memiliki kecerdasan tinggi.

"Wanita menitikberatkan pilihan mereka pada kecerdasan karena secara tidak langsung, kecerdasan akan menunjukkan kemampuan calon pasangan mereka untuk membangun rumah tangga yang bertanggung jawab. Itulah alasan utama mengapa kecerdasan seseorang menjadi sangat berharga bagi para wanita," tulis studi tersebut.

Di sisi lain, studi menemukan wanita yang dianggap "di bawah rata-rata dalam hal daya tarik" lebih sering menikah dengan pria dengan tingkat pendidikan yang cenderung 'rendah'.

Data ini difokuskan pada Wisconsin Longitudinal Study, di mana mereka berhasil mengumpulkan data dari sekitar 10.000 pria dan wanita yang lahir antara tahun 1957 - 2011. Studi tersebut hendak mencatat kecenderungan responden yang sebagian besar berbangsa kaukasia.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan mungkin sedikit lebih penting bagi wanita ketika memilih pasangan jangan panjang," tutur Curtis S. Dunkel, salah seorang penulis studi dari Western Illinois University mengatakan kepada PsyPost.

"Lebih khusus, seorang wanita mungkin mencari pria yang sedikit lebih cerdas daripada dirinya, dan dia menggunakan daya tarik fisiknya untuk mendapatkan suami yang lebih cerdas," sambungnya.

Namun Curtis mencatat bahwa kelompol sampel terdiri dari orang-orang Midwestern Amerika yang lahir pada pertengahan abad ke-20.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini