nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Obesitas hingga Kanker Payudara, Ini Sederet Manfaat Sehat Konsumsi Gandum

Noor Chotijah , Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 17:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 09 298 1961656 cegah-obesitas-hingga-kanker-payudara-ini-sederet-manfaat-sehat-konsumsi-gandum-U6Jf48asTG.jpg Manfaat sehat konsumsi gandum (Foto:Ist)

GANDUM sudah menjadi hidangan praktis yang banyak dikonsumsi dari berbagai kalangan. Saat ini pun sudah banyak jenis gandum yang mudah didapatkan. Tidak hanya itu, karena manfaat gandum sangatlah luar biasa.

Gandum adalah jenis biji-bijian sereal yang paling umum, berasal dari sejenis rumput (Triticum). Inti gandum, terdiri dari dedak (lapisan luar), bibit gandum, dan endosperm (bagian terdalam). Saat ini gandum adalah salah satu tanaman sereal teratas yang ditanam di beberapa negara untuk konsumsi manusia. Bahan utama gandum ini digunakan sebagai roti, bagel, kue dan juga muffin.

Tidak hanya mengenyangkan, rajin mengonsumsi gandum Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Seperti dilansir dari   Organic Facts, Selasa (9/102018), berikut manfaat gandum untuk kesehatan.

 Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Meningkatkan energi dan vitalitas wanita

Gandum yang utuh meningkatkan energi dan vitalitas pada kesehatan wanita untuk jangka panjang. Mengonsumsi gandum juga mencegah kenaikan berat badan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak biji-bijian cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat, dibantu dengan asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi.

Mengontrol Obesitas

Gandum utuh memiliki kemampuan alami untuk mengendalikan berat badan, tetapi kemampuan ini lebih terasa di kalangan wanita. Dengan cara mengkonsumsi produk gandum dalam jangka panjang menunjukkan penurunan berat badan yang jauh lebih besar. American Journal of Clinical Nutrition telah menunjukkan melalui penelitian bahwa gandum utuh adalah pilihan yang baik untuk pasien obesitas.

 

Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum yang kaya magnesium bertindak sebagai faktor pendamping tubuh. Ada 300 enzim terlibat dalam penggunaan fungsional insulin dan sekresi glukosa tubuh. Selain itu, konsumsi rutin biji-bijian meningkatkan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes mampu menjaga kadar gula mereka terkendali dengan mengganti beras dengan gandum dalam makanan mereka.

Mencegah Kanker Payudara

Gandum bertindak sebagai agen anti karsinogenik, terutama pada wanita. Studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup bagi wanita untuk mengurangi risiko kanker payudara. Laporan membuktikan bahwa wanita pra-menopause yang mengkonsumsinya memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan yang lain yang mengonsumsi bentuk serat lainnya.

Lebih lanjut, penelitian di Studi Cohort Wanita Inggris menemukan bahwa diet kaya serat, dengan biji-bijian dan buah-buahan utuh, sangat penting bagi wanita untuk mencegah kanker payudara.

Mencegah Asma Pada Anak

Studi Internasional tentang Alergi dan Asma dalam Masa Kanak-Kanak terbukti melalui banyak penelitian bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan mengembangkan asma hampir 50%. Dalam banyak survei, telah terlihat bahwa anak-anak yang makan biji-bijian dan ikan dalam jumlah tinggi tidak menderita penyakit seperti itu, karena makanan ini memiliki jumlah magnesium dan vitamin E. Dengan catatan, beberapa kasus dengan pasien asma karna gandum juga merupakan makanan yang terkait erat. Jadi jangan mengkonsumsi gandum yang berlebih, atau bisa dengan konsultasi dokter.

 Pamer Perut Buncit Dibalut Gaun Nude, Raisa Bikin Netizen Jatuh Hati

Mencegah Serangan Jantung

Gandum utuh kaya akan tumbuhan lignan yang disebut enterolactone, yang melindungi terhadap penyakit jantung. Produk gandum, yang tinggi serat makanan, sangat mengurangi tingkat tekanan darah dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Asupan tinggi bijian ini menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah. Ini memperlambat perkembangan aterosklerosis dan stroke. Mengikuti diet bebas gluten, sebagian dapat menurunkan konsumsi keseluruhan biji-bijian, yang mengarah pada peningkatan risiko penyakit jantung

Berbagai Penyajikan Gandum

Ada yang sudah berbentuk Roti, muffin, sarapan sereal seperti (serpihan gandum). Berries gandum bertunas Ini dapat digunakan dalam sayuran dan berbagai macam salad dicampur biji-bijian. Gandum utuh bisa ditambahkan ke roti, kue kering, atau ke yoghurt untuk tambahan nutrisi tambahan.

Mengkonsumsi Gandum Berlebih Juga dapat Menimbulkan Efek Samping!

Seperti ada reaksi alergi gatal-gatal, ruam kulit. Hal ini kaya oksalat, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti batu empedu, batu ginjal, dan asam urat. Ini juga mengandung asam filsafat (anti-nutrisi) dapat mengurangi penyerapan mineral. Penderita diabetes harus menghindari produk yang diproses karena mereka peringkat tinggi pada indeks glikemik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini