nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perut Kembung Usai Olahraga, Apa Ya Sebabnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 09 481 1961734 perut-kembung-usai-olahraga-apa-ya-sebabnya-SbULFKbhFC.jpg Perut kembung setelah olahraga (Foto: Health)

BANYAK orang yang memilih olahraga sebagai cara untuk menghilangkan lemak di perut atau yang dikenal dengan istilah perut buncit. Tapi tahukah Anda bila sehabis berolahraga perut bisa menjadi kembung? Kondisi ini malah bisa membuat perut semakin terlihat buncit.

Selama ini diketahui bila perut kembung disebabkan oleh makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, dan minum melalui sedotan. Dijelaskan oleh seorang ahli Cynthia Sass, RD, MPH, olahraga juga bisa membuat perut menjadi kembung. Hanya saja efeknya memang tidak langsung disebabkan oleh aktivitas fisik.

Menurutnya, saat seseorang terengah-engah sehabis melakukan gerakan tertentu, dirinya tanpa sengaja menelan udara sambil mencoba menarik napas. Kondisi ini membuat udara terjebak di saluran pencernaan dan menyebabkan perut kembung. Hal ini mirip dengan situasi yang disebabkan oleh makan terlalu cepat dan menelan udara yang menghasilkan gas.

Hal lain yang dapat menyebabkan kembung setelah berolahraga adalah makan terlalu dekat dengan sesi olahraga. Seperti yang diketahui, makanan akan tersimpan di perut selama proses pencernaan. Otomatis perut akan terlihat membuncit. Makanan yang mengandung serat, protein, dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga perut otomatis buncit dalam waktu yang lebih lama.

perut kembung

Baca Juga: 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya

"Ketika seseorang memulai kelas barre atau lari, darah mengalir menjauh dari sistem pencernaan menuju otot-otot. Hal inilah yang memperlambat pencernaan lebih lanjut dan dapat menyebabkan kembung," ungkap Cynthia seperti yang dikutip Okezone dari Health, Rabu (10/10/2018). Untuk itu dirinya menyarankan agar orang yang ingin berolahraga menahan keinginan konsumsi makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak hingga waktu olahraga selesai.

Pemanis buatan juga dapat menyebabkan perut kembung karena sulit bagi sistem untuk dicerna. Jenis makanan ini juga bertahan lama di perut. Ada baiknya sebelum konsumsi minuman olahraga, periksa label untuk memastikan tidak mengandung pemanis buatan yang membuat perut kembung. Minuman olahraga memang bisa membuat seseorang merasa segar selama latihan, tetapi itu bisa meninggalkan beberapa distensi serius sesudahnya. Terlebih kadang kembung membuat seseorang merasa tidak nyaman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini