nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1 dari 10 Netizen akan Buang Pakaiannya Setelah 3 Kali Posting di Instagram!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 10 194 1961962 1-dari-10-netizen-akan-buang-pakaiannya-setelah-3-kali-posting-di-instagram-EJu1tvrjVG.jpg Fenomena fast fashion (Foto:Fauborg)

FAST-FASHION menjadi hal yang lumrah sekarang ini. Mereka menyukai pakaian yang dijual secara ritail karena sangat mudah berganti gaya sesuai dengan tren yang ada.

Apakah hal ini buruk?

Dilansir Okezone dari New York Post, Rabu (10/10/2018), salah satu dampak yang ditimbulkan dari fast-fashion ini adalah terciptanya budaya baru di mana penggila mode akan membuang bajunya ke tempat sampah dibandingkan menyumbangkannya.

 Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Hal ini dijelaskan dalam sebuah survei yang dilakukan Censuswide yang aktif dalam perusahaan pencinta alam. Perusahaan berbasis di Inggris ini menemukan fakta bahwa mereka yang memilih membuang bajunya ke tempat sampah lebih banyak dibandingkan mau menyumbangkannya.

Fakta ini sejalan dengan temuan mereka yang lainnya. Di mana diketahui bahwa dari 2.000 responden, 1 dari 10 orang yang terlibat dalam penelitian ini akan membuang pakaiannya jika mereka sudah 3 kali memposting gaya tersebut di Facebook atau Instagram.

Raksasa perusahaan ritail fashion seperti H & M, Zara, dan Forever 21 menjual banyak pakaian trendi dengan harga terjangkau. Hal ini yang kemudian dianggap sebagai akar dari masalah.

 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya

Sebab, dengan harga yang sangat terjangkau dan diproduksi secara besar-besaran, membuat pembeli kurang memahami dengan baik barang yang dibelinya. Ini merupakan catatan dari penelitian yan dilakukan Evening Standard. Tim ini juga mengungkapkan bahwa belanja baju di Inggris lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan negara lain.

Pemerhati lingkungan mendesak konsumen untuk tidak membuang pakaian mereka begitu saja ke tempat sampah. Sudah seharusnya masyarakat sadar akan lingkungan, salah satunya dengan menyumbangkan pakaian yang tidak diinginkan atau mendaur ulang pakaian menjadi barang baru yang lebih fashionable.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini