4 Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Atasi Cuaca Panas Ekstrem

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 298 1961996 4-rekomendasi-makanan-yang-cocok-untuk-atasi-cuaca-panas-ekstrem-vfHCgYydip.jpg Ilustrasi gelatin (Foto: Shutterstock)

TUBUH manusia terdiri dari 60% air yang memengaruhi seluruh fungsi organ di dalam tubuh. Itulah sebabnya ketika Anda mengalami dehidrasi akibat cuaca panas, tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah.

Jika sudah demikian, cara pertama yang dipikirkan banyak orang adalah meminum air mineral. Ini memang cara yang ampuh untuk membuat tubuh kembali terhidrasi dengan baik.

Namun, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan dengan kandungan air yang tinggi. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari LiveStrong, Rabu (10/10/2018).

Sup

 

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda akan kehilangan sejumlah sodium dan elektrolit. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga fungsi organ di dalam tubuh. Mengonsumsi sup yang berbahan dasar kaldu akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Salah satu contoh sup berbasis kaldu yang direkomendasikan para ahli sup kaldu sayuran. Hidangan ini mengandung air hingga 98%, dan kandungan sodiumnya akan membantu sistem metabolisme tubuh.

(Baca Juga: Tentara Cantik Ini Terpilih untuk Cover Majalah Dewasa, Kok Bisa?)

Sayuran

 

Sejumlah sayuran berdaun hijau seperti lettuce, brokoli, dan seledri mengandung lebih dari 90% air. Selain itu, kubis dan mentimun juga diklaim kaya akan air di mana kandungannya mencapai 96%. Mengonsumsi sayuran tersebut di cuaca panas akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga Anda tidak mudah lelah dan kehausan.

(Baca Juga: Intip 5 Gaya Hot Vindy Lee, Chef Cantik yang Senang Pamer Belahan Payudara)

Gelatin

 

Makanan pencuci mulut yang terbuat dari gelatin juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Sama seperti olahan sup, gelatin memiliki kandungan air dan sodium yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat menjaga fungsi otot dan mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, gelatin cenderung memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dibandingkan sup. Setiap 100 gram gelatin yang Anda konsumsi mengandung sekitar 20 kalori.

(Baca Juga: Pamer Perut Buncit Dibalut Gaun Nude, Raisa Bikin Netizen Jatuh Hati)

Buah-buahan

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang wajib Anda konsumsi di saat cuaca sedang panas-panasnya. Ada beberapa jenis buah yang direkomendasikan para ahli untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, antara lain semangka, pear, nanas, dan lemon. Buah-buahan tersebut diklaim memiliki kandungan air lebih dari 90%.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini