6 Kesalahan Standar saat Membuat Brownies

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 298 1962195 6-kesalahan-standar-saat-membuat-brownies-gpVxQPrYKt.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

SIAPA sih yang tidak suka dengan kudapan lezat dan manis di mulut ini? Yup, brwonies cokelat memang jadi salah satu jenis makanan penutup yang difavoritkan oleh banyak orang.

Membuat brownies cokelat sendiri di rumah, sebetulnya susah-susah gampang. Untuk mendapatkan brownies cokelat yang enak, punya tekstur yang pas, garing di luar namun lembut di dalam itu memang membutuhkan trik-trik tersendiri. Maka dari itu, seringkali ada kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang saat membuat brownies.

Nah, agar tak mengulangi kesalahan yang salah berulang-ulang kali. Yuk ketahui dulu sebetulnya apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat membuat brownies sehingga brownies menjadi kurang sempurna? Melansir Foodbeast, Rabu (10/10/2018) berikut pemaparan enam kesalahan standar saat memasak brownies.

1. Tidak memakai cokelat yang baik dan berkualitas : Camilan paling lezat biasanya terbuat dari bahan-bahan terbaik. Jadi, jika memang mampu membelinya, jangan hanya membeli cokelat yang sederhana. Pilihlah cokelat yang berkualitas tinggi, jangan gunakan keripik cokelat kecil karena mengandung penstabil yang cenderung meleleh dengan buruk. Lebih baik, gunakan sebongkah besar cokelat lalu dipotong-potong menjadi potongan kecil, dengan metode ini maka cokelat akan meleleh lebih lambat dan mengarah ke tekstur yang jauh lebih berkrim. Ingatlah, jika ingin mencampuradukkan sesuatu, maka jangan hanya menggunakan dark chocolate, meskipun itu lebih sehat. Tambahkan beberapa varietas lain dengan sedikit gula di dalamnya.

2. Cokelat yang dipakai terlalu panas : Salah satu hal utama yang bisa salah saat memanggang brownies adalah memasak telur. Telur disebutkan cenderung matang cukup cepat ketika terkena suhu panas, dan saat menambahkan cokelat ke telur ketika itu masih dalam keadaan super-panas, maka itu akan berakhir sama saja seperti sedang memasak telur. Jadi, biarkan sejenak cokelat yang baru saja dicairkan.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

3. Telur dan butter terlalu dingin : Kesalahan terkait suhu lainnya adalah menggunakan mentega dan telur dingin yang diambil langsung dari lemari es. Sebelum dipakai, pastikan dulu betul-betul telur dan butter yang akan dipakai telah mencapai suhu kamar alias suhu ruangan sebelum digunakan untuk adonan. Dengan ini, maka kesempatan untuk mendapatkan adonan yang lebih halus untuk brownies bisa lebih besar.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

4. Menambahkan terlalu banyak rasa : Melakukan sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, begitu juga saat memasak. Hindari menambahkan terlalu banyak rasa ke dalam brownies, dengan memasukkan terlalu banyak elemen. Pilih satu rasa ekstra yang bisa dikombinasikan dengan baik bersama cokelat di dalamnya, misalnya kacang-kacangan, selai kacang, atau krim keju. Biarkan rasa cokelat tetap jadi "bintang utama" dalam brownies yang dibuat. Dengan ini rasa brownies menjadi tidak berantakan dan tetap "kaya".

kue

5. Tidak sabar : Salah satu kunci utama dalam memanggang brownies ialah kesabaran. Brownies yang kurang matang akhirnya akan menghasilkan tekstur yang terlalu meleleh melty dan menjijikkan. Ikuti resep termasuk waktu memanggang yang dianjurkan. Dengan cara ini, brownies yang renyah namun lembut saat digigit bisa diperoleh.

6. Tidak didinginkan : Sesaat setelah dikeluarkan dari oven, jangan keburu disentuh dengan tangan atau malah langsung dimakan langsung. Sebab, sejatinya begitu keluar dari panggangan, brownies itu masih tetap berproses dan membutuhkan waktu hingga mencapai tekstur yang pas. Mengistirahatkan sejenak brownies yang baru dikeluarkan dari oven juga akan memudahkan kita mengangkat potongan brownies dari loyang loh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini