nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warna-Warni Jakarta 2018, Kompetisi Rekam Jejak Kota Jakarta

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 406 1962181 warna-warni-jakarta-2018-kompetisi-rekam-jejak-kota-jakarta-W5t8APQEjI.jpeg Kompetisi warna warni Jakarta 2018 (Foto:Pradita)

TAHUN 2018 ini tidaklah berlebihan jika dikatakan sebagi tahun yang bersejarah dan momentum bagi Ibu Kota DKI Jakarta. Pasalnya Ibu Kota kita tercinta ini, diketahui menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga akbar terbesar di Asia, Asian Games ke-18 dan Asian Para Games ke-3. Momentum ini tentu bisa dimanfaatkan menjadi salah satu rekam jejak kota Jakarta.

Momentum ini sendiri dapat diabadikan melalui kompetisi foto dan video oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ajang kompetisi ini diketahui bertajuk “Warna-Warni Jakarta 2018”, yang digelar selama 10 Agustus hingga 15 September 2018. Setelah kompetisi berlangsung, tepat hari ini, Rabu (10/10/2018) Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta menggelar acara Penganugerahaan Pemenang Kompetisi Foto dan Video Warna-Warni Jakarta yang bertempat di Balai Agung, Balai Kota Jakarta.

 Intip 5 Gaya Hot Vindy Lee, Chef Cantik yang Senang Pamer Belahan Payudara

Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kompetisi, yang mana melibatkan partisipasi masyarakat dalam membangun kota Jakarta dalam berbagai bentuk media.

 

“Dari media foto dan video, kita dapat melihat rekam jejak sejarah suatu kota, negara bahkan sebuah peradaban dengan menunjukkan fenomena kehidupan masyarakat pada periode tertentu,” ungkap Saifullah selaku Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Untuk gelaran tahun ini, lomba dibagi menjadi empat kategori foto. Yakni Manusia dan Kebudayaan (People and Culture), Lansekap (Landscapes), Asian Games 2018 dan Rangkaian Foto (Photo Story). Sedangkan untuk video, hanya ada satu kategori yang diperlombakan yakni Video Blog. Disebutkan, untuk kategori Asian Games 2018 memang sengaja diusung sebagai dorongan bagi masyarakat untuk turut serta meramaikan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut ditambah posisi Jakarta sebagai salah satu tuan rumah.

Masing-masing kategori terpilih tiga pemenang. Pemenang pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta, pemenang kedua mendapatkan Rp10 juta, sedangkan pemenang ketiga mendapatkan hadiah Rp8 juta ditambah para pemenang juga mendapatkan hadiah tambahan dari para sponsor.

Berdesain Sederhana, Anting Berlian Agnez Mo Ternyata Berharga Fantastis!

Para pemenang dari kompetisi ini, dari kategori Landscape adalah Siti Fauziah sebagai Juara 3 (Akar dan Roda Perkotaan), lalu juara 2 diraih oleh Achmadd Lutfi dengan tema foto Refleksi Wisma Atlet Kemayoran, dan juara 1 berhasil digaet oleh Jefri Deniawan dengan foto yang berjudul Monumen Pembebasan Irian Barat.

Kategori Asian Games 2018, untuk juara 3 diraih oleh Adri Noviar Budiman dengan tema foto Pemain Egramg di Pawai Asian Games 2018. Juara kedua yakni Fransiskus Prulian Simbolon yang mengangkat tema foto Energi of Asia, lalu ada Tan Nono Rahardian sebagai juara 1 dengan foto Ondel-Ondel Nonton Marathon.

Dilanjutkan oleh kategori Photostory, yang mengumumkan Agung Kuncahya dengan foto bertema Blind Date Cinema sebagai juara 3, dilanjutkan juara 2 yakni Totok Wijayanto yaitu Jakarta Ranjang Besar Kehidupan, lalu ada Prayogi yang sukses sebagai juara 1 dengan tema foto, Sore di Pelican Crossing Ibukota.

Terakhir ada kategori Vlog alias video blog yang menghasilkan pemenang yakni Widya Okta sebagai juara 3, Ari Wibisono sebagai juara 2, lalu Anda Fembriarto sebagai juara 1.

 

Kompetisi foto dan video dengan Ibu Kota Jakarta sebagai objeknya memang telah menjadi acara tahunan yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun sebagai bentuk penyegaran, tahun ini diketahui sebagai tahun pertama lomba ini diberi nama “Warna-Warni Jakarta” dan merupakan tahun pertama kerja sama Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dengan PT MNC Okezone Network.

Terakhir, Saefullah menambahkan dengan adanya kompetisi foto dan video dengan Jakarta sebagai obyeknya ini. Diharapkan bisa jadi media membangun komunikasi partisipatif.

“Diharapkan, penyelenggaraan lomba fotografi dan video ini dapat membangun komunikasi partisipatif antara masyarakat dan pemerintah. Merekam harapan-harapan masyarakat, serta menunjukkan dukungan masyarakat terhadap kinerja yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” tutup Saefullah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini