nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Cegah Kanker Paru-Paru, Penyakit Ganas yang Serang Istri Indro "Warkop"

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 09:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 10 481 1961928 6-cara-cegah-kanker-paru-paru-penyakit-ganas-yang-serang-istri-indro-warkop-x3w8YdcwMr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER memang salah satu penyakit yang belum memiliki penyembuhan 100 persen. Oleh karena itu, daripada Anda harus menanggung penyakitnya sampai mengancam nyawa, seperti yang dialami Nia Octobijanthy, istri Indro "Warkop" karena kanker paru-paru, lebih baik hindari beberapa hal.

Pada dasarnya, tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker paru-paru. Tetapi Anda dapat mengurangi risikonya sejak dini, apalagi jika Anda adalah seorang perokok, sebaiknya berhenti supaya mengurangi risiko pemicunya.

Selain itu, banyak hal lain yang mesti Anda lakukan untuk mencegah penyakit ganas ini. Dilansir Okezone dari Mayoclinic, berikut ulasannya lebih lanjut yang wajib Anda simak.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!


Jangan mulai merokok

Jika Anda belum pernah merokok, jangan memulai. Khususnya pada orangtua harus memberi tahu bahaya rokok sejak dini. Bicarakan pada mereka agar tidak pilih merokok. anak Anda tentang tidak merokok. Sebabnya, merokok adalah faktor risiko utama penyebab kanker paru-paru ganas.

Hindari merokok

Berhentilah merokok sekarang untuk mengurangi risiko kanker paru-paru, sekalipun jika Anda sudah merokok selama bertahun-tahun. Konsultasikan dengan dokter seperti apa strateginya. Banyak cara yang tepat dan tidak menyusahkan diri sendiri demi kesehatan Anda.

Hindari asap rokok

Hindarilah lingkungan perokok aktif karena dampaknya ganas sekali. Nah, Anda juga harus memberikan semangat positif kepada orang yang merokok supaya mau berhenti. Di mana saja berada, Anda harus menghindari area orang merokok, seperti bar dan restoran, usahakan cari pilihan tempat bebas asap rokok.

Baca Juga: 6 Gaya Tampilan Petinju Muslim Khabib Nurmagomedov yang Bikin Perempuan Luluh Dibuatnya

Pakai masker di tempat kerja berbahaya

Hindari karsinogen di tempat kerja dari paparan asbes. Caranya kenakan masker yang nyaman dan aman. Lakukan pencegahan untuk melindungi diri sendiri. Hindari pula tempat beracun seperti gudang, laboratorium dengan zat kimia berbahaya, dan tempat-tempat lainnya.

Rajin makan buah dan sayuran

Pilih diet sehat dengan berbagai jenis buah dan sayuran. Makanan tersebut adalah sumber vitamin dan nutrisi adalah yang terbaik. Hindari mengonsumsi suplemen vitamin dalam jumlah besar dalam bentuk pil, karena mungkin berbahaya. Seperti suplemen dengan kandungan tinggi beta-karoten, yang malah meningkatkan risiko penyakit ganas ini menurut penelitian.

Berolahraga secara teratur

Mulailah latihan olahraga dengan perlahan. Cobalah berolahraga setiap hari dalam seminggu. Pilih saja olahraga yang menyenangkan, seperti berenang, sepeda, gym, yoga dan olahraga lain favorit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini