nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini 6 Tanda-Tanda Ginjal Mulai Bermasalah

Noor Chotijah , Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 10 481 1962318 waspada-ini-6-tanda-tanda-ginjal-mulai-bermasalah-jmbjdLszJT.jpg Ilustrasi (Foto: Odishtv)

Rawatlah ginjal Anda sebaik mungkin, karena ginjal memiliki peran sangat penting di dalam tubuh setiap manusia. Terkadang gejala yang terjadi pada ginjal sulit kita tebak, karena tidak jelas dan campur aduk yang dirasakan.

Jadi tetaplah hati-hati, jika sering merasakan hal yang tidak wajar segera periksalah ke dokter. Ini ciri-ciri jika ginjal anda mulai bermasalah yang dilansir dari laman Wittyfeed:

Pembengkakan di Area Tubuh

Adanya pembengkakan ini terjadi karena berlebihannya kadar air di antara sel-sel di tubuh. Biasanya pembengkakan muncul di kaki, kelopak mata, dan wajah. Jika Anda menekan area pembegkakan tersebut, akan hilang hanya beberapa detik saja.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Selalu Merasa Dingin dalam Keadaan Apapun

Anda di musim panas pun terkadang suka terganggu apalagi musim dingin sedang berlangsung. Jika ginjal Anda sudah mulai bermasalah, produksi hormon erythropoietin akan menjadi lambat. Menggigil, sulit bernafas, lesu, insomnia dan Anemia yang kronis juga dapat menjadi gangguan tidak baik pada ginjal.

Detak Jantung Lebih Cepat

Detak jantung yang berlebihan itu adalah bukan hal normal, tandanya ginjal Anda menyebabkan penumpukan potasium. Jadi seringlah memeriksa denyut nadi Anda sendiri, apalagi jika kondisi badan sedang tidak enak.

sakit jantung

Tekanan Darah Anda Tinggi

Pembuluh-pembuluh yang menentang hal itu menyebabkan kerusakan pada jaringan parut, dan melemahkan pembuluh darah pada ginjal. Jika ginjal Anda sudah tidak baik, pastinya ginjal sulit untuk mengontrol tekanan darah secara efektif.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Sakit Perut yang Berlebih

Sering merasakan sakit perut hampir setiap hari dengan nyeri perut, mual hingga muntah. Itu adalah gejala penumpukan kotoran yang ada di dalam darah.

Selera Makan Sudah Berkurang

Jika sudah adanya kerusakan pada ginjal ginjal, makanan pun sangat terasa berbeda. Semua itu dikarenakan adanya sebuah kotoran di dalam darah, sehingga menimbulkan bau dan rasa yang aneh pada mulut Anda. Oleh karena itu, Anda sudah tidak lagi menyukai makanan daging lainnya, sehingga berat badan berkurang karena hilangnya nafsu makan.

Jika Anda sudah merasakan semua ciri-ciri gejala di atas, cobalah periksa kembali kondisi ginjal ditubuh. Jangan sampai semua terlambat jika gejalanya saja sudah diabaikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini