8 Perhiasan Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Paling Epik, Apa Saja?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 04:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 11 194 1962444 8-perhiasan-anggota-keluarga-kerajaan-inggris-yang-paling-epik-apa-saja-lmOvGRBfM0.jpg Meghan Markle. (Foto: Reuters)

BAGI keluarga Kerajaan Inggris, fungsi perhiasan bukanlah sekadar untuk pemanis. Ada makna yang terkandung di dalamnya dan beberapa merupakan harta bagi keluarga kerajaan.

Melansir harpersbazaar, ada beberapa perhiasan keluarga kerajaan Inggris yang telah menjadi trademark para ratu. Berikut Okezone rangkumkan 8 perhiasan yang kerap dipakai oleh keluarga Kerajaan Inggris.

Baca Juga: 6 Cara Cegah Kanker Paru-Paru, Penyakit Ganas yang Serang Istri Indro "Warkop"


The Spencer Tiara

Tidak seperti pengantin kerajaan lainnya, Putri Diana mengenakan tiara dari koleksi keluarganya sendiri untuk pernikahannya dengan Pangeran Charles pada tahun 1981, daripada meminjam satu dari Ratu.

Dibuat oleh Garrard pada 1930-an, Diana memakainya pada acara-acara khusus kerajaan. Tiara ini, kemudian dipakai oleh keponakan Diana, Celia McCorquadale, untuk pernikahannya pada awal tahun ini.


Cincin Pertunangan Duchess of Cambridge

Pangeran William melamar Kate Middleton pada tahun 2010 dengan cincin pertunangan yang sama oleh Pangeran Charles kepada mendiang Putri Diana, yang tampaknya memilih cincin itu sendiri. Bagian tengahnya adalah safir oval 12 karat dengan 14 berlian solitaire yang dibalut dalam pita emas putih.


Cambridge Lover's Knot Tiara

Tiara ini juga dikenal sebagai Ratu Mary's Knot, berlian dan mutiara ini dimiliki oleh Queen Mary pada tahun 1913. Kala itu, dia meminta perhiasan Inggris Garrard untuk meniru tiara yang dimiliki oleh neneknya, Putri Augusta dari Hesse-Kassel.

Tiara itu diwariskan oleh Ratu kepada Putri Diana ketika dia menikah dengan Pangeran Charles, tetapi dikembalikan lagi kepada Ratu, setelah pasangan itu bercerai pada tahun 1996. Kini, Tiara ini dimiliki oleh Ratu dan tetap menjadi favorit dengan Duchess of Cambridge, yang meminjamnya untuk acara-acara khusus.

Baca Juga: Intip Gaya Khabib Nurmagumedov Saat Berziarah ke Tanah Suci

Cincin pertunangan The Duchess of Sussex

Pangeran Harry memberikan cincin pertunangan Meghan Markle yang dibuat oleh Cleave & Company. Cicin ini menggunakan batu etis dari Botswana, di mana dia dan Meghan pertama kali berlibur bersama. Batu tersebut diapit oleh dua berlian bundar dari bros milik almarhum ibunya, Putri Diana.


"Granny's Chips"

Dua berlian yang membentuk bros ini dikenal keluarga kerajaan sebagai "Keripik Nenek," adalah batu yang dipotong dari berlian Cullinan raksasa pada tahun 1905. Bros ini mencapai 158 karat. Sang Ratu mewarisi bros dari neneknya, dan memakainya untuk dinas gereja untuk menandai Berlian Yubilee-nya.

Kokoshnik Tiara, Ratu Alexandra

Berbeda dengan koleksi pribadi Ratu, tiara Kokoshnik diberi nama dari hiasan kepala tradisional Rusia. Tiara itu dibuat oleh Garrard pada tahun 1888 untuk Alexandra, yang kemudian Princess of Wales, untuk menandai ulang tahun pernikahan ke-25 nya. Ratu Mary kemudian mewarisi tiara dari Alexandra, dan Ratu mewarisinya ketika Ratu Mary yang meninggal pada 1953.

Brazilian Aquamarine Parure Tiara, Anting, dan Kalung

Kalung aquamarine, berlian serta anting-anting satu set ini dibuat oleh Mappin & Webb, dan diberikan kepada Ratu pada tahun 1953 oleh orang-orang dan Presiden Brasil. Dia memiliki tiara yang dibuat oleh Garrard dari koleksi batu Brasil tambahan.

The Oriental Circlet Tiara

Ini adalah salah satu dari sekian banyak kepingan yang dibuat Pangeran Albert untuk Ratu Victoria, tiara Circlet Oriental dibuat pada 1853 dan terinspirasi oleh koleksi perhiasan India yang dimiliki Victoria. Opal digunakan sebagai pengganti rubi, yang kemudian menjadi favorit dari Ibu Suri, yang menyerahkannya pada Ratu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini