nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasangan yang Ngobrol Pakai Kata 'Kami' & 'Kita' Cenderung Lebih Bahagia

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 14:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 11 196 1962622 pasangan-yang-ngobrol-pakai-kata-kami-kita-cenderung-lebih-bahagia-wO2NZGWl1y.jpg Pasangan bahagia (Foto:Independent)

KETIKA sepasang pasangan telah bersama dalam kurun waktu yang lama, dapat mudah untuk menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan alias satu paket berdua.

Namun tidak memungkiri, pasangan yang ‘satu paket berdua’ ini bagi sebagian orang dianggap sebagai bentuk dari gagasan ketergantungan berlebih yang berlebihan dalam suatu hubungan karena selalu merujuk pada ‘kami’ dan ‘kita’.

 Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Eits, jangan salah! Ternyata menurut penelitian baru-baru ini, pasangan yang menyebut diri mereka sebagai "kami" dan "kita" dalam percakapan lebih cenderung menjadi lebih bahagia dalam kehidupan percintaan daripada pasangan yang tidak menyebut diri mereka sebagai ‘kami’ dan ‘kita’, sebagaimana diwarta Independent, Kamis (11/10/2018).

Penelitian di atas sendiri dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of California, di mana penelitian ini bertuju menyelidiki korelasi antara penggunaan kata ganti jamak orang pertama seperti "kami’ dan ‘kita’ dan kesehatan hubungan romantis. Disebutkan lebih lanjut, penelitian ini digelar oleh tim yang dipimpin oleh psikolog Megan Robbins, menganalisis sekitar 30 penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 peserta, yang mana separuhnya telah menikah.

 Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Dalam melakukan studi ini, para peneliti mengambil lima faktor utama yakni mulai dari berapa lama pasangan telah bersama, perilaku mereka dalam hubungan, kesehatan mental para peserta, kesehatan fisik mereka, hingga ke faktor seberapa baik mereka menjaga diri mereka setiap harinya.

Hingga akhirnya, para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa "we-talk" terbukti bermanfaat di semua kategori, sesuai dengan hubungan yang lebih bahagia dalam semua aspek. Pendek kata, mendengarkan diri sendiri atau pasangan mengatakan kata-kata ini dapat mengubah cara berpikir individu menjadi lebih saling bergantung, yang dapat mengarah pada hubungan asmara yang lebih sehat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationships ini , menemukan bahwa menggunakan ‘kami’ dan ‘kita’ dalam percakapan oleh pasangan, memiliki efek positif dalam hubungan asmara yang dijalin oleh antar semua kelompok umur. Namun, pertanyaan apakah pasangan bahagia secara alami lebih cenderung menggunakan kata ganti jamak orang pertama atau apakah menggunakan kata ganti bisa membuat pasangan lebih bahagia sejauh ini disebutkan belum ditentukan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini