nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Sendiri Hainan Chicken Rice, Kuliner Singapura yang Dibilang Sandiaga Uno Mahal di Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 10:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 298 1962526 bikin-sendiri-hainan-chicken-rice-kuliner-singapura-yang-dibilang-sandiaga-uno-mahal-di-indonesia-lAPr9QMp2p.jpg Hainan chicken rice kuliner singapura (Foto:Ilustrasi/9Kitchen)

SANDIAGA Uno kembali membuat publik tercengang. Setelah tempe setipis kartu ATM kali ini perkara chicken rice Singapura. Dia membandingkan harga kuliner khas Negeri Singa itu lebih murah ketika makan di negara asalnya ketimbang di Indonesia.

Sandi menyebut bahwa seporsi nasi ayam hainan di Singapura dijual seharga SGD3,5 atau setara Rp35 ribuan. Sementara jika menu makanan itu dibeli di Indonesia harganya lebih mahal sekira Rp50 ribuan.

Sontak banyak Netizen sekaligus politisi lainnya menanggapi pernyataan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. Rasanya tidak habis pikir lagi mendengarkan pernyataan semacam itu yang bikin geleng-geleng.

 Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Nah, daripada pusing menanggapi, mendingan masak chicken rice ala Singapura untuk makan siang ini. Resepnya lumayan mudah dipraktikkan, seperti dilansir Okezone dari Tasty, Kamis (10/10/2018).

Bahan ayam rebus

1 kg atam utuh, belah sesuai kebutuhan

1/4 cup garam

1 ruas jahe, geprek

1 ikat daun bawang segar

1 liter air dingin

2 sdm minyak wijen

Bahan nasi hainan

1/4 cup minyak wijen

2 sdm kaldu bubuk ayam,

2 siung bawang putih cincang

1/2 ruas jahe segar cincang

1 sdm garam

2 cup beras panjang, dibilas dan dikeringkan

2 gelas kaldu ayam rebus

Saus sambal

2 sdm saus sambal

2 sdm saus Sriracha

2 sdt gula

1 sdm bawang putih, cincang

1 sdm jahe segar, cincang

1 sdm air jeruk nipis

2 sdm kaldu ayam rebus

Saus garlic jahe

2 sdm jahe segar, parut

2 sdm bawang putih, cincang

Garam secukupnya

3 sdm minyak kedelai

1 sdm cuka

Soy sauce

1 sdm bawang putih, iris dan Goreng

1/2 ruas jahe

2 sdm saus tiram

3 sdm kecap manis

1 sdm kecap asin

2 sdm kaldu ayam rebus

Mentimun, diiris tipis

1 ikat daun ketumbar segar, cincang

 Enggak Pakai Lama, Cukup 30 Menit Sehari Bikin Tubuh Berotot seperti Jonatan 'Jojo' Christie

Langkah membuat:

1. Untuk membersihkan ayam, gosok seluruh dengan segenggam garam, singkirkan kulitnya. Bilas ayam dengan baik di dalam dan luar. Tepuk kering dengan handuk kertas. Hilangkan lemak berlebih dari ayam dan sisihkan untuk nanti.

2. Bumbui ayam dengan penuh garam. Isi rongga ayam dengan irisan jahe dan daun bawang. Taruh ayam dalam panci besar, siram air air dingin dan bumbui dengan garam secukupnya. Masak sampai mendidih dengan api besar selama 30 menit.

3. Keluarkan ayam dari panci, sisakan kaldunya untuk nanti, dan pindahkan ke air es selama 5 menit untuk menjaga daging tetap kenyal. Buang jahe dan daun bawang. Setelah dingin, tepuk kering ayam dengan tisu dan olesi dengan minyak wijen.

4. Dalam wajan besar panaskan 1/4 cup minyak wijen di atas api sedang-tinggi. Tambahkan 2 sdm lemak ayam cincang yang sudah disiapkan, bawang putih, jahe, dan garam, dan goreng sampai wangi sekira 10 menit.

5. Masukkan 1/2 campuran bawang putih, goreng sampai wangi. Siapkan penanak nasinya. Tuang beras, bawang putih goreng, 2 cangkir kaldu ayam. Masak sampai matang.

6. Saus cabai: campurkan sambal, Sriracha, gula, bawang putih, jahe, air jeruk nipis, dan kaldu ayam dalam mangkuk kecil dan aduk.

7. Saus bawang putih jahe: dalam mangkuk kecil, gabungkan jahe, bawang putih, garam, minyak kedelai, cuka dan aduk rata.

8. Saus kecap: dalam mangkuk kecil, gabungkan bawang putih goreng dan jahe, saus tiram, kecap manis, kecap asin, dan kaldu ayam. Aduk rata.

9. Sajikan ayam yang diiris dengan nasi, saus celup, irisan mentimun, dan daun ketumbar segar. Selamat menikmati!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini