nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengalaman Seorang Astrobiologist Memasak di Antartika, Garpu dan Telur Bisa Melayang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 298 1962856 pengalaman-seorang-astrobiologist-memasak-di-antartika-garpu-dan-telur-bisa-melayang-rIu037agFU.jpg Pengalaman unik di Antartika (Foto: Metro)

SEORANG astrobiologist bernama Cyprien Verseux membagikan pengalamannya ketika menetap di kawasan Antartika. Semua orang tentu sudah tahu bahwa tempat ini merupakan area atau wilayah terdingin dan terisolasi di dunia.

Bahkan, saat International Space Station memantau Antartika dari ketinggian 400 km dari permukaan bumi, tampilan kawasan ini benar-benar mencerminkan suhu udaranya yang dingin, semua membiru dan tampak membuka.

Mengingat suhu udara yang jauh di bawah suhu normal, Cyprien dan timnya harus mencari cara yang tepat untuk bertahan hidup, khususnya saat mereka hendak memasak makanan.

Memasak makanan di daerah bersuhu dingin memang bukan perkara yang mudah. Sederhananya, jika di rumah Anda sering mengkhawatirkan makanan gosong saat digoreng, di Antartika justru sebaliknya. "Meleng" sedikit makanan Anda bisa membeku.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Sudah bisa membayangkan seperti apa tantangan yang dihadapi Cyprien dan timnya? Nah, menurut pria asal Prancis itu, proses pembukaan ini tak jarang karena suhu dingin di Antartika benar-benar sangat ekstrem.

"Suhu dingin di tempat ini benar-benar sangat intens. Bahkan saat musim dingin tiba, suhunya bisa mencapai -80 derajat celcius. Kami harus bergantung pada teknologi untuk bertahan hidup," ujar Cyprien, seperti dilansir dari Metro, Jumat (12/10/2018).

masak spaghetti

Untuk menunjukkan seperti apa rasanya hidup di Antartika, Cyprien mengunggah sejumlah foto unik di akun media sosialnya. Dalam salah satu foto terlihat jelas Cyprien sedang mengangkat sepiring spaghetti yang telah membeku. Uniknya, sebuah garpu tampak melayang pada bagian atasnya.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Selain itu, ada juga pecahan telur yang terlihat melayang di udara, hingga olahan omelet yang warnanya sudah tampak kebiruan.

"Kami kehabisan bahan makanan segar di musim dingin. Jadi sebagian besar makanan yang kami konsumsi adalah frozen food. Namun karena cuacanya yang sangat dingin, kami tidak ragu-ragu menyimpannya di luar kontaine," tukas Cyprien

masak omelette

Kendati demikian Cyprien mengaku enjoy hidup di daerah terpencil dan paling dingin di dunia itu.

"Antartika adalah tempat yang sangat unik dan menarik untuk diteliti oleh para ilmuwan dari berbagai bidang, seperti astronomy ran human physiology," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini