nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membuat Mainan Sederhana Bersama Ibu Kardus

Antara, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 196 1963213 membuat-mainan-sederhana-bersama-ibu-kardus-pSpzYZNDrY.jpg Mainan Anak. (Foto: Parentsmagz)

JULUKAN Ibu Kardus dinobatkan kepada Nur Maliyanti, berawal dari membuat mainan untuk sang anak yang terbuat dari kardus pada tahun 2013.

"Awalnya cuma celetukan kakak saya, manggil Ibu Kardus sampai akhirnya orang-orang mengenalnya dengan panggilan itu," kata Nur Maliyanti di Bandung.

Setelah lima tahun, Nur Maliyanti memutuskan untuk menjadikan "Ibu Kardus" menjadi nama label produk yang Ia buat.

"Hasil-hasilnya suka saya upload di Instagram, dikarenakan suka ada yang pesan. Dari situ saya berpikir kenapa enggak sekalian saja dijadikan usaha. Sambil mengisi waktu ke kosongan," kata Nur.

Baca Juga: Intip Penampilan Baru Melody Eks JKT48 dengan Hijab, Dia Mau Menikah Loh!

Bentuk yang sering dibuat adalah topeng spiderman, topeng owl dan topeng tokoh kartun. Selain tokoh kartun, Nur pun membuat bentuk laptop, mesin kasir dan berbagai jenis alat dapur.

Proses pembuatan tergantung kesulitan bentuk yang dibuat. Untuk topeng bisa diselesaikan selama dua jam sedangkan tokoh kartun seperti wall-e dapat diselesaikan dalam waktu tujuh hari.

"Awalnya kalau mau bikin, harus membuat pola lalu digunting. Kalau sekarang udah bikin cetakan, jadi prosesnya lebih mudah," kata Nur.

Baca Juga: Kesal Bahunya Disandari, Pria Ini Pukul Kepala Seorang Wanita dengan Ponsel

Kisaran harga yang dipasarkan mulai dari Rp50.000 sampai Rp250.000. Selain membuat dan menjual produknya, sesekali, Nur bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadakan workshop mengenai pembuatan mainan atau berbagai jenis barang yang terbuat dari kardus.

Dalam setiap workshop, peserta dikenakan biaya sekitar Rp50.000 sampai Rp80.000. "Biasanya pesertanya anak-anak dan ibu-ibu, tergantung tema acaranya bagaimana," ujar Nur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini