nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Harus Diperhatikan Sebelum Mengeluh di Media Sosial

Fienca Amelia , Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 196 1963249 5-hal-harus-diperhatikan-sebelum-mengeluh-di-media-sosial-I8J28qGlxH.jpg Aturan mengeluh di media sosial (Foto:iStock)

JIKA Anda memiliki keluhan tentang sesuatu entah itu produk yang baru Anda beli, layanan perusahaan, atau teman yang menyebalkan, mungkin Anda akan memilih mengeluhkannya melalui media sosial. Anda berpikir itu adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan jawaban dari pihak mereka. Namun, hal tersebut belum tentu dapat membantu Anda. Karena belum tentu melalui media sosial, target yang ingin Anda keluhkan tersebut akan merespon keluhan Anda.

Bila Anda merasa kecewa atau merasa produk yang sampai ke tangan Anda tidak sesuai dengan keinginan Anda, atau Anda merasa layanan di suatu perusahaan tidak baik, itu merupakan hak Anda apabila ingin memberikan keluhan terhadap perusahaan atau penjual dari produk tersebut.

Namun, beretika yang baik di media sosial pun bagus untuk selalu Anda ingat dan lakukan. Berikut adalah cara-cara yang baik apabila ingin melontarkan keluhan, seperti yang telah Okezone lansir dari ReadersDigest, Jum’at (12/10/2018).

 Intip Penampilan Baru Melody Eks JKT48 dengan Hijab, Dia Mau Menikah Loh!

1. Melalui web

Jika Anda memilih untuk memberikan keluhan melalui media sosial, sebaiknya tinggalkan ulasan negatif Anda di situs web perusahaan bukan di media sosial. 88% konsumen mengandalkan ulasan produk sebelum melakukan pembelian. Sehingga perusaan pun akan lebih cepat merespon dari sana.

2. Jangan komplain mengenai pekerjaan

Apabila Anda kecewa dengan perusahaan tempat Anda bekerja, perlu Anda ingat bahwa Anda juga berteman dengan rekan-rekan atau keluarga di media sosial. Mengatakan hal yang salah dapat menyebabkan masalah. Ada banyak kasus orang dipecat karena memposting tentang perusahaan mereka melalui facebook. Itu bukan etika media sosial yang tepat.

3. Jangan komplain tentang teman atau keluarga

Bahkan jika Anda tidak menyebutkan nama sekalipun dan melontarkan keluhan terhadap teman maupun keluarga Anda, hal itu tentu akan merusak hubungan baik dengan mereka. Mengeluhkan tentang keluarga dan teman di media sosial sama sekali bukan perilaku yang baik untuk dilakukan. Jadi sebaiknya bicarakanlah secara baik-baik dengan orang tersebut daripada menyindirnya di media sosial.


 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

4. Jangan katakan apabila sedang marah

Jika Anda sedang merasa sangat kesal, mungkin Anda rasanya ingin mencurahkan perasaan tersebut di akun media sosial milik Anda. Namun hal tersebut bukanlah hal yang bijaksana. Jangan biarkan seluruh teman di media sosial Anda tahu bahwa Anda sedang marah saat itu. Tenangkanlah diri Anda sendiri daripada memposting kalimat makian di media sosial Anda. Karena hal ini pun dapat merusak reputasi.

5. Membuat orang lain ikut berkomentar

Berdiskusi di media sosial mungkin adalah sesuatu yang bagus untuk dilakukan. Namun lakukanlah dengan bijaksana dan jangan seolah-olah memojokkan pihak lainnya. Misalnya Anda tidak menyukai suatu hal, katakanlah dengan baik tanpa menjatuhkan pihak tertentu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini