nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Coba Buat Ikan Kuah Kuning, Teman Makan Papeda yang Nikmat

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963139 yuk-coba-buat-ikan-kuah-kuning-teman-makan-papeda-yang-nikmat-4Qe8RqYcj9.jpg Ikan Kuah Kuning. (Foto: Simply Recipes)

SEBAGAI salah satu makanan pokok Indonesia Timur khususnya orang Papua, Papeda yang merupakan olahan sagu spesial, memiliki rasa tersendiri. Biasanya, mereka memadukan dengan ikan kuah kuning gurih sedap dan nendang banget rasanya!

Setiap berkunjung ke Papua, papeda ini selalu dicari-cari. Makanan ini uniknya sudah ada sejak nenek moyang, namun masih dipertahankan hingga kini.

Kalau kebetulan Anda ingin menikmati di rumah, bisa sekaligus masak ikan kuah kuning. Dilansir Okezone dari Simply recipe, berikut resepnya yang bisa disontek dengan mudah.

Baca Juga: Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Bahan:

1 sdm minyak zaitun

2 buah bawang merah, dicincang

3 siung bawang putih, dicincang

5 buah cabai rawit utuh

2/3 daun peterseli segar, potong

1 1/2 cup tomat segar, cincang

1 ekor ikan laut segar, seperti kakap merah

1 liter air

Lada secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Metode pembuatan:

1. Panaskan minyak zaitun dalam panci besar di atas api sedang-tinggi. Tambahkan semua bawang, tumis selama 4 menit. Tambahkan tomat, lalu masukkan air.

2. Didihkan sebentar bumbunya itu, lalu masukkan ikan kakap. Tunggu sekira 3 hingga 5 menit. Tambahkan garam, lada dan gula secukupnya, serta cabai rawit utuh.

3. Voila! Jika sudah mendidih, angkat dan tuang dalam mangkuk. Sajikan dengan papeda yang punya tekstur kenyal dan lumayan mengenyangkan!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini