nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Manfaat Jagung Sebagai Pengganti Nasi, Anti Hipertensi dan Diabetes

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 09:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963155 10-manfaat-jagung-sebagai-pengganti-nasi-anti-hipertensi-dan-diabetes-B7RZggfXsj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA daerah di Indonesia, memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tahukah Anda bahan ini rendah kalori, tapi punya banyak manfaat.

Jagung bukanlah makanan mewah, yang banderol dengan harga mahal. Nenek moyang kita sudah memanfaatkan jagung untuk bahan pangan mengenyangkan.

Di balik popularitasnya, jagung rupanya punya banyak mitos tersembunyi. Banyak yang menyebut bahwa makanan ini punya nilai gizi kurang. Padahal salah, Anda mesti tahu manfaatnya kalau sering makan jagung. Berikut 10 ulasannya, dilansir Okezone dari Healthfitnessrevolution.

Baca Juga: Intip Penampilan Baru Melody Eks JKT48 dengan Hijab, Dia Mau Menikah Loh!

Tinggi antioksidan

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa jagung kaya akan antioksidan. Itu berkat kombinasi besar fitonutrien yang ditemukan dalam kernelnya. Di setiap biji jagung kuning, mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Fungsinya baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan imunitas.


Lancarkan pencernaan

Jagung mengandung serat yang dapat dimetabolisme oleh bakteri usus, menjadi asam lemak rantai pendek. Hal ini dapat memupuk perkembangan bakteri sehat di usus besar. Anda harus rutin makan jagung, bila tidak ingin mengalami sembelit atau perut mulas.


Turunkan risiko kanker kolon

Karena jarang sembelit dan terjadi peningkatan bakteri baik di usus, maka Anda bisa terhindar dari kanker kolon. Penyakit ini sangat ganas karena mendadak bisa menggerogoti tubuh. Maka sejak usia muda, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan.


Tingkatkan suasana hati

Jagung mengandung vitamin B6, yang membantu otak Anda menghasilkan serotonin dan norepinefrin. Dua bahan kimia mempengaruhi suasana hati Anda. Selain itu, dengan terbiasa mengonsumsi jagung dapat membantu produksi melatonin, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengatur jam tidur malam.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Turunkan risiko hipertensi

Beberapa dari banyak fitonutrien yang ditemukan dalam jagung, fungsinya dapat menghambat angiotensin-l converting enzyme (ACE). Ini dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Anda harus sering mengonsumsi supaya jauh dari risiko penyakit jantung atau stroke nanti.

Tinggi protein

Jagung memiliki kandungan protein tinggi, sehingga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Nah, Anda disarankan untuk konsumsi jagung itu sesuai selera. Jelas fungsinya dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh, yang berharga sekali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini